Lesti Kejora Melahirkan Anak Pertama Secara Caesar Cito, Ini Penjelasannya

Selasa, 28 Desember 2021 - 11:30 WIB
loading...
A A A


Pada operasi caesar Kategori 2, biasanya dilakukan langsung dalam kurun waktu 1 jam setelah dokter kandungan memberikan keputusan dan berlangsung selama 60-75 menit. Sementara pada operasi Kategori satu, dokter dan tim hanya diberikan waktu 30 menit untuk menjalani operasi, mengingat adanya indikasi keselamatan ibu dan bayi.

Dalam kasus kelahiran anak pertama Lesti, ia diketahui sempat mengalami pendarahan hingga kontraksi di usia kehamilannya yang baru menginjak 34 minggu. Sepulangnya dari menghadiri sebuah acara, Lesti mengaku kelelahan hingga mengalami kram pada perutnya hingga mengeluarkan flek atau pendarahan.

Hal itu membuat dirinya langsung dirujuk untuk menjalani rawat inap di rumah sakit, guna menjalani observasi. Namun, setelah dilakukan serangkaian proses seperti pemberian obat untuk mencegah kontraksi tidak berhasil, hingga CTG, dokter Nana Agustina, memberi instruksi bahwa bayi dalam kandungan Lesti harus segera dilahirkan.

"Jadi tanggal 23 saya dihubungi oleh ibu Lesti ada flek, kayaknya kecapekan. Setelah di CTG, observasi perdarahan, jantung janin juga, ternyata kontraksinya banyak, akhirnya dokter kandungan menyarankan untuk rawat inap," jelas dokter Puspa.

"Seharusnya perkiraan lahirnya di awal Februari. Takutnya lahir prematur akhirnya kita inapkan, kondisinya juga saat ini harus diterminasi," tandasnya.

Sementara itu, pada kelahiran bayi prematur usia 26-34 minggu, biasanya dokter memberikan kortikosteroid antenatal. Hal tersebut diberikan guna untuk membantu pematangan paru janin untuk mengurangi kejadian respiratory distress syndrome (RDS) yang menyebabkan kematian pada bayi prematur.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)