10 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi Setiap Hari

Jum'at, 31 Desember 2021 - 05:45 WIB
loading...
A A A
Konsumsi 25 g atau sekitar lima sendok teh sterol nabati yang mengandung rendah lemak setiap hari (setara dengan total 2-3 g sterol nabati) terbukti membantu mengurangi penyerapan kolesterol hingga 10%. Juga, semakin banyak makanan nabati yang Anda makan, semakin banyak sterol nabati yang Anda dapatkan dalam makanan.

4. Segenggam Kacang Kenari

Konsumsi almond, pecan, walnut, dan macadamia telah terbukti mengurangi kolesterol dalam sejumlah penelitian. Kacang mengandung lemak tak jenuh yang sehat untuk jantung. Meski baik dikonsumsi setiap hari, pastikan Anda menyantapnya sebanyak segenggam atau sekitar 30 g sehar, terutama jika Anda mencoba mengurangi berat badan. Taburkan kenari di atas salad atau ambil segenggam almond untuk camilan di sore hari.

5. Makan Kacang

Kacang dan lentil termasuk kedelai telah lama terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol. Sebuah tinjauan besar dari 43 penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menyimpulkan bahwa makan 15-30 g protein kedelai setiap hari (satu hingga dua porsi) menghasilkan penurunan rata-rata kolesterol jahat sebesar 6% dan 3% meningkatkan kolesterol baik.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)