10 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi Setiap Hari

Jum'at, 31 Desember 2021 - 05:45 WIB
loading...
10 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi Setiap Hari
Ada cara mudah yang dapat dilakukan setiap hari untuk menurunkan kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi faktor risiko utama penyakit jantung koroner, atau stroke. Foto/Everyday Gyaan.
A A A
JAKARTA - Ada cara mudah yang dapat dilakukan setiap hari untuk menurunkan kolesterol tinggi . Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung koroner, dan berkontribusi pada penumpukan plak lemak di dinding arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Tetapi kabar baiknya adalah kondisi ini dapat dicegah. Memperbaiki pola makan dengan makan banyak buah dan sayuran segar, biji-bijian dan protein tanpa lemak, berhenti merokok serta olahraga dapat menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik.

Berikut adalah 10 hal yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk menurunkan kolesterol tinggi setiap hari dilansir dari Healthy Food, Jumat (31/12/2021).


1. Tambahkan Oat

Sebuah studi yang diterbitkan di Nutrition Review menemukan bahwa makan 3g beta-glukan, sejenis serat larut yang mengandung gandum dan jelai dalam jumlah yang sangat tinggi setiap hari dapat mengurangi kolesterol total dan kolesterol jahat. Di mana rata-rata, masing-masing sebesar 5% dan 7% pada orang dengan kolesterol normal atau tinggi.

Anda bisa mendapatkan 3 g beta-glukan dengan memasukkan 60-80 g oat dan barley sepanjang hari Anda. Cobalah bubur untuk sarapan, roti yang mengandung oat saat makan siang, dan muesli bar berbahan dasar oat sebagai camilan di sore hari.

2. Jalan Kaki Setiap Hari

Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa pada orang yang tidak banyak bergerak berusia 40-66 tahun, berjalan sekali sehari selama 20-40 menit dengan langkah cepat mengurangi kadar kolesterol mereka hingga 8%.

Jika Anda tidak punya waktu untuk berjalan lebih lama, penelitian juga menemukan bahwa dua kali jalan kaki 10 hingga 15 menit sehari menurunkan angka tersebut hingga 6%. Selain jalan, Anda bisa berlari, bersepeda, berenang atau menari.

3. Makan Sterol
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)