5 Kuliner Khas Sulawesi yang Lezat, Nomor 3 Cocok untuk Sarapan

Jum'at, 07 Januari 2022 - 21:55 WIB
loading...
A A A
Baca Juga: Hadir di NIPAH, Timur Resto Sajikan Kuliner Khas Indonesia Timur

2. Pallubasa

Pallubasa merupakan makanan dengan tampilan dan bahan yang mirip seperti coto makassar. Bagitu juga dengan bahan utama pembuatannya, yaitu jeroan sapi atau kerbau beserta dagingnya yang juga sama.

Tampilan pallubasa bewarna kuah kecokelatan lebih pekat. Kemudian ada kuning telur mentah di atasnya, ini yang menjadi ciri khas dan menarik untuk kuliner satu ini.

Perbedaan antara coto dengan pallubasa yang paling umum adalah adanya telur ceplok mentah di atas pallubasa, jika coto tidak ada telurnya.

Kemudian perbedaan lainnya terletak pada cara memakannya. Pallubasa menggunakan nasi, maka coto lebih sering ditemani burasa atau ketupat.

3. Gogoso

Selanjutnya ada gogoso, menjadi salah satu kuliner khas Sulawesi. Bentuknya hampir serupa dengan burasa. Namun yang membedakannya adalah makanan ini terbuat dari beras ketan, sehingga teksturnya kebih pada, agal lengket dan harum.

Kemudian cara memasaknya pun berbeda. Jika buras dengan cara direbus, sementara gogoso dipanggang. Oh ya, biasanya gogoso diberi isian ablon daging ayam atau sapi. Cocok untuk sarapan, karena rasanya yang enak dan dapat mengganjal perut yang kosong.

4. Kaledo
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1751 seconds (11.252#12.26)