5 Kuliner Khas Sulawesi yang Lezat, Nomor 3 Cocok untuk Sarapan

Jum'at, 07 Januari 2022 - 21:55 WIB
loading...
A A A
Nama kaledo sebenarnya adalah akronim dari kata ‘kaki lembu donggala’, ini karena bahan utamanya adalah dari kaki lembu atau sapi.

Makanan ini akan disajikan dengan sup kuah yang terkenal dengan rasa asam pedas, serta dari daging kaki sapi yang dimasak hingga empuk. Biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

Bumbu-bumbu utama dalam pembuatan olahan kaki sapi ini antara lain asam jawa, garam, dan cabai rawit, sehingga rasa asam dan pedasnya cukup kuat.

5. Bubur Sagela

Ada banyak jenis street food khas di Sulawesi, salah satunya bubur sagela yang umumnya ditemukan di wilayah Gorontalo. Terbuat dari ikan roa yang dikeringkan lebih dulu.

Rasanya sangat otentik, di mana lembutnya bubur dipadukan dengan gurihnya ikan yang telah dikeringkan, menjadikan sensasi tersendiri bagi yang menyantapnya.

Roa adalah sejenis ikan terbang yang dapat dengan mudah ditemui di sekitar perairan Sulawesi. Nah, setelah ikan roa kering, selanjutnya dagingnya harus diambil dan dipisahklan dengan tulangnya untuk dijadikan bahan campuran bubur.

Kemudian daging ikan tersebut nantinya akan ditumbuk halus bersamaan dengan bahan lain seperti tomat, cabai, dan bawang.
(hri)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1566 seconds (11.97#12.26)