5 Kuliner Khas Sulawesi yang Lezat, Nomor 3 Cocok untuk Sarapan

Jum'at, 07 Januari 2022 - 21:55 WIB
loading...
5 Kuliner Khas Sulawesi yang Lezat, Nomor 3 Cocok untuk Sarapan
Gogoso, salah satu kuliner khas Sulawesi yang lezat dan cocok untuk sarapan. Foto/Instagram @jxvegan
A A A
SULAWESI - Tak hanya destinasi wisatanya yang menarik, Sulawesi juga punya deretan kuliner lezat dan nikmat. Mulai dari Burasa hingga Bubur Sagela.

Selain Coto Makassar dan Sop Konro yang tentunya sudah tidak asing lagi, Sulawesi juga memiliki kuliner yang layak untuk dicicipi saat Anda berkunjung ke daerah tersebut.

Berikut deretan kuliner khas Sulawesi seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Burasa

Burasa merupakan kuliner khas Makassar, terbuat dari beras da santan dan dibungkus daun pisang. Makanan ini mirip lontong, namun ukurannya relatif lebih kecil.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Malam di Bandung, Nomor 4 Rasanya Otentik Banget

Kudapan satu ini punya nama lainnya, yaitu buras dan lapat. Makanan asli masyarakat Bugis, Sulawesi Selatan tersebut memiliki bentuk pipih namun sering disantap bersama dengan coto Makassar maupun opor ayam, khususnya saat lebaran atau hari raya Idul Fitri.

Cara untuk membuatnya juga cukup mudah, pertama-tama dengan merebus beras yang telah dicampur dengan santan sampai lembek. Lalu bungkus dengan daun pisang, ikat menggunakan tali rafia, lalu direbus hingga matang.

Nantinya akan dibungkus memakai daun pisang yang ditali menggunakan tali rafia yang nantinya bisa langsung direbus sampai matang.

Makanan ini mampu bertahan selama dua hari, sehingga sangat tepat dibawa sebagai bekal makanan saat perjalanan.

Baca Juga: Hadir di NIPAH, Timur Resto Sajikan Kuliner Khas Indonesia Timur

2. Pallubasa

Pallubasa merupakan makanan dengan tampilan dan bahan yang mirip seperti coto makassar. Bagitu juga dengan bahan utama pembuatannya, yaitu jeroan sapi atau kerbau beserta dagingnya yang juga sama.

Tampilan pallubasa bewarna kuah kecokelatan lebih pekat. Kemudian ada kuning telur mentah di atasnya, ini yang menjadi ciri khas dan menarik untuk kuliner satu ini.

Perbedaan antara coto dengan pallubasa yang paling umum adalah adanya telur ceplok mentah di atas pallubasa, jika coto tidak ada telurnya.

Kemudian perbedaan lainnya terletak pada cara memakannya. Pallubasa menggunakan nasi, maka coto lebih sering ditemani burasa atau ketupat.

3. Gogoso

Selanjutnya ada gogoso, menjadi salah satu kuliner khas Sulawesi. Bentuknya hampir serupa dengan burasa. Namun yang membedakannya adalah makanan ini terbuat dari beras ketan, sehingga teksturnya kebih pada, agal lengket dan harum.

Kemudian cara memasaknya pun berbeda. Jika buras dengan cara direbus, sementara gogoso dipanggang. Oh ya, biasanya gogoso diberi isian ablon daging ayam atau sapi. Cocok untuk sarapan, karena rasanya yang enak dan dapat mengganjal perut yang kosong.

4. Kaledo

Nama kaledo sebenarnya adalah akronim dari kata ‘kaki lembu donggala’, ini karena bahan utamanya adalah dari kaki lembu atau sapi.

Makanan ini akan disajikan dengan sup kuah yang terkenal dengan rasa asam pedas, serta dari daging kaki sapi yang dimasak hingga empuk. Biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

Bumbu-bumbu utama dalam pembuatan olahan kaki sapi ini antara lain asam jawa, garam, dan cabai rawit, sehingga rasa asam dan pedasnya cukup kuat.

5. Bubur Sagela

Ada banyak jenis street food khas di Sulawesi, salah satunya bubur sagela yang umumnya ditemukan di wilayah Gorontalo. Terbuat dari ikan roa yang dikeringkan lebih dulu.

Rasanya sangat otentik, di mana lembutnya bubur dipadukan dengan gurihnya ikan yang telah dikeringkan, menjadikan sensasi tersendiri bagi yang menyantapnya.

Roa adalah sejenis ikan terbang yang dapat dengan mudah ditemui di sekitar perairan Sulawesi. Nah, setelah ikan roa kering, selanjutnya dagingnya harus diambil dan dipisahklan dengan tulangnya untuk dijadikan bahan campuran bubur.

Kemudian daging ikan tersebut nantinya akan ditumbuk halus bersamaan dengan bahan lain seperti tomat, cabai, dan bawang.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1455 seconds (10.101#12.26)