Ciri Kanker Mata, Waspadai dan Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Rabu, 12 Januari 2022 - 19:03 WIB
loading...
Ciri Kanker Mata, Waspadai dan Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
Ciri kanker mata penting untuk diwaspadai sebelum terlambat. Kanker bisa menyerang banyak organ tubuh, salah satunya mata dan jenis kanker yang paling umum. Foto/Dominic Tunnell Opticians
A A A
JAKARTA - Ciri kanker mata penting untuk diwaspadai sebelum terlambat. Kanker sendiri bisa menyerang banyak organ tubuh, salah satunya mata. Mata , atau okular, melanoma adalah jenis kanker mata yang paling umum.

Biasanya mempengaruhi uvea yaitu lapisan antara retina dan bagian putih mata. Kebanyakan melanoma biasanya mempengaruhi kulit, tetapi beberapa di antaranya bisa berkembang di bagian lain tubuh, termasuk mata.

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (12/1/2022) melanoma mata berkembang di sel penghasil pigmen yang memberi warna pada mata. Jika kanker dimulai di mata, maka disebut kanker mata primer. Sedangkan melanoma mata dimulai di tempat lain di tubuh dan menyebar ke mata disebut kanker mata sekunder.


Beberapa orang yang sebetulnya sudah mengidap penyakit ini justru tak merasakan gejala sama sekali. Menurut dokter ahli mata Dr. Ann Marie Griff, O.D, secara umum ciri-ciri kanker mata adalah penglihatan kabur atau melihat bintik-bintik gelap di bidang penglihatannya.

Kemudian disusul dengan gejala lainnya mulai dari adanya bintik hitam di iris, perpindahan mata di dalam rongga mata, mata berair, kehilangan daya penglihatan tepi di satu mata hingga floaters yakni bintik atau coretan yang bergerak di sekitar bidang penglihatan seseorang.

Seseorang dapat melihat floaters lebih jelas saat melihat latar belakang polos, seperti dinding kosong. Bisa juga muncul sebagai dengan bentuk titik-titik kecil, lingkaran, garis, awan, atau sarang laba-laba. Floaters umum terjadi terutama seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, tidak otomatis menjadi gejala mutlak kanker mata.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)