Deretan Makanan Penyebab Kesemutan, Nomor 4 Juga Bikin Obesitas

Rabu, 12 Januari 2022 - 22:56 WIB
loading...
Deretan Makanan Penyebab Kesemutan, Nomor 4 Juga Bikin Obesitas
Makanan penyebab kesemutan mesti dihindari karena kesemutan merupakan suatu kondisi di mana sensasi tertusuk-tusuk jarum. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Makanan penyebab kesemutan mesti dihindari. Seperti diketahui, kesemutan merupakan suatu kondisi di mana sensasi tertusuk-tusuk jarum yang kerap dirasakan di bagian tangan atau kaki.

Kesemutan ini sifatnya sementara, namun kadangkala cukup mengganggu. Kesemutan atau bahasa medisnya parestesia ini disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari duduk terlalu lama, mengenakan sepatu yang terlalu sempit, atau alasan medis seperti adanya masalah pada saraf, misalnya saja, neuropati.

Neuropati ini merupakan istilah yang digunakan untuk gejala gangguan pada saraf di tubuh. Gejala yang muncul di antaranya nyeri, kesemutan, kram otot, hingga susah buang air kecil. Terkait penyebabnya, itu beragam, dari karena cedera atau mempunuai penyakit tertentu, seperti diabetes .

Baca juga: Seperti Ardhito Pramono, 6 Artis Ini Pernah Diciduk karena Ganja

Nah, bagi Anda yang sering kesemutan, sebaiknya konsultasikan ke tenaga medis. Anda juga sebaiknya menghindari makanan-makanan tertentu. Berikut makanan-makanan penyebab kesemutan seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/1/2022).

1. Gula atau Makanan Manis



Seperti disebutkan tadi bahwa orang dengan diabetes dapat mengembangkan neuropati diabetik karena konsumsi gula atau makanan-makanan manis dengan pemanis buatan.

Neuropati diabetik ini terjadi ketika kerusakan saraf disebabkan oleh diabetes. Oleh karena itu, hindarilah pemicunya seperti gula dan makanan-makanan manis.

2. Alkohol
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3000 seconds (11.210#12.26)