5 Obat Kolesterol Tinggi yang Mudah Dicari dan Ampuh

Sabtu, 15 Januari 2022 - 15:46 WIB
loading...
5 Obat Kolesterol Tinggi yang Mudah Dicari dan Ampuh
Obat kolesterol tinggi sangat mudah dicari. Jenis obat kolesterol tinggi juga sangat beragam, mulai dari medis hingga alami yang ampuh menurunkan kolesterol. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Obat kolesterol tinggi sangat mudah dicari. Jenis obat kolesterol tinggi juga sangat beragam, mulai dari medis hingga alami yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol yang melonjak.

Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang melonjak dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Salah satunya dengan obat kolesterol berikut ini. Beberapa obat ini telah melakukan penelitian yang cukup untuk membuktikan dapat mengurangi kolesterol secara klinis.

Berikut obat kolesterol tinggi yang mudah dicari dan ampuh dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/1/2022).


1. Kunyit

5 Obat Kolesterol Tinggi yang Mudah Dicari dan Ampuh


Sifat anti-inflamasi alami dan kemampuannya untuk membantu tubuh meningkatkan kapasitas antioksidannya membuat kunyit harus disertakan dalam diet Anda. Kandungan circumin dalam Kunyit membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

2. Lada Hitam

5 Obat Kolesterol Tinggi yang Mudah Dicari dan Ampuh


Dikenal sebagai raja rempah-rempah, lada hitam membantu tubuh menyerap rempah-rempah lainnya dengan baik. Lada hitam juga sebagai sumber antioksidan dan membantu tubuh tetap sehat. Ini memungkinkan tubuh untuk memecah sel-sel lemak dan telah terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol.


3. Bawang Putih

5 Obat Kolesterol Tinggi yang Mudah Dicari dan Ampuh


Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Namun seperti banyak obat alternatif, penelitian telah menemukan hasil yang beragam.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Namun, sebuah studi yang didanai NCCIH tentang keamanan dan efektivitas bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang pada kolesterol.

4. Jahe

5 Obat Kolesterol Tinggi yang Mudah Dicari dan Ampuh


Penelitian 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total, sementara penelitian 2008 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Anda bisa menambahkan jahe mentah ke dalam makanan, atau meminumnya sebagai suplemen atau bubuk.


5. Daun Salam

5 Obat Kolesterol Tinggi yang Mudah Dicari dan Ampuh


Daun salam bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Daun ini merupakan tanaman herbal yang biasa dijadikan pelengkap rasa di sajian kuliner. Penelitian awal mengenai ini pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa minum teh yang terbuat dari daun salam setiap hari selama 10 hari sedikit meningkatkan kadar kolesterol baik.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)