Daftar Aktivitas dengan Risiko Tular COVID-19 Tinggi hingga Rendah

Kamis, 11 Juni 2020 - 13:42 WIB
loading...
Daftar Aktivitas dengan Risiko Tular COVID-19 Tinggi hingga Rendah
Menonton konser berskala besar termasuk aktivitas yang berisiko tinggi menularkan virus corona baru. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi COVID-19 , banyak aktivitas warga yang dibatasi. Sejumlah pakar kesehatan di Michigan, Amerika Serikat, mengklasifikasi beberapa kegiatan yang dianggap berpotensi menularkan virus corona baru. Apa saja?

Setelah menjabarkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi "pintu" penularan COVID-19, Direktur Riset Penyakit Menular Beaumont Health Dr. Matthew Sims, Direktur Medis Pencegahan Infeksi McLaren Health Care Dr. Dennis Cunningham, Spesialis Penyakit Infeksi Dr. Mimi Emig, dan Direktur Medis Pencegahan Infeksi Henry Ford Macomb Dr. Nasir Husain juga membeberkan sejumlah aktivitas yang dianggap bisa menularkan virus.

Para dokter tersebut menggarisbawahi lima hal yang membuat kegiatan masyarakat menjadi sangat berisiko, yaitu lokasinya berada di luar atau dalam ruangan, kedekatan jarak antarorang, durasi kegiatan/pertemuan, kemungkinan dijalankannya protokol kesehatan, dan tingkat risiko pada masing-masing individu. ( )

Mengutip laman MLive, berikut daftar aktivitas yang berisiko menularkan virus COVID-19 dengan level 1-10 menurut para pakar di atas. Level 10 adalah yang paling berisiko, dan level 1 yang risikonya terendah.

1. Konser Musik Akbar
Tingkat Risiko 9

Aktivitas yang paling tinggi level risiko penyebaran virusnya menurut Dr. Matthew Sims dan kawan-kawan adalah konser musik berskala besar. Di lokasi konser, orang di Barat sana biasanya suka menonton sambil minum alkohol. Belum lagi mereka pasti berdiri berdekatan satu sama lain.

"Dengan mereka bernyanyi bersama saja sudah jelas berpotensi menularkan virus," ujar Dr. Emig

2. Makan Prasmanan
Tingkat Risiko 8

Acara makan-makan secara prasmanan lebih berbahaya ketimbang makan di restoran, tapi tidak separah di bar. Antrean serta penggunaan alat ambil makanan secara bergantian berpotensi menyebabkan penularan virus. Tapi, kalau prasmanannya diatur misalkan dengan membatasi antrean dan lain-lain, kemungkinan risiko penularan virus bisa ditekan.

3. Olahraga Basket
Tingkat Risiko 7
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)