Nanas Sangat Baik untuk Kesehatan, tapi Waspadai juga Efek Sampingnya

Jum'at, 12 Juni 2020 - 01:11 WIB
loading...
Nanas Sangat Baik untuk Kesehatan, tapi Waspadai juga Efek Sampingnya
Sejumlah manfaat lainnya dari buah nanas, antara lain sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan kuat dan memiliki banyak peran dalam kesehatan tubuh. / Foto: ilustrasi/Hospitality Dental & Orthodontics
A A A
JAKARTA - Buah nanas merupakan buah yang kaya kandungan nutrisi dan senyawa penting, serta memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh , dan mengurangi peradangan. Selain itu, buah nanas juga mempunyai manfaat untuk kesehatan lainnnya.

(Baca juga: Hadapi New Normal, Masyarakat Harus Disiplin Ikuti Protokol Kesehatan )

Sejumlah manfaat lainnya dari buah nanas, antara lain sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan kuat dan memiliki banyak peran dalam kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan kesehatan jantung serta melawan pembentukan radikal bebas yang berkaitan dengan perkembangan kanker.

Tidak sebagaimana buah-buahan lainnya, nanas juga mengandung bromelain dalam jumlah tinggi, yakni sekelompok enzim pencernaan yang memecah protein menjadi bahan pembangunnya sehingga dapat membantu kesehatan pencernaan. Beberapa penelitian yang lebih kecil juga menunjukkan bahwa senyawa bromelain juga dapat membantu mengurangi gejala asma.

Kendati demikian, nanas ternyata juga memiliki risiko kesehatan. Sebagaimana dilansir Times Now News, terlalu banyak mengonsumsi nanas dapat menyebabkan kelembutan pada mulut anda karena buah ini merupakan pelunak daging yang cukup baik. Makan terlalu banyak nanas juga dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti mual, diare, muntah, sakit perut, atau mulas karena konsumsi vitamin C yang berlebihan.

(Baca juga: Tips Agar Anak Nyaman Belajar di Rumah )

Lebih lanjut, menurut sebuah penelitian, enzim bromelain jika dikonsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan muntah, ruam kulit, hingga perdarahan menstruasi yang berlebihan.

Sementara itu, sebuah laporan dalam Live Science mencatat bahwa enzim bromelain juga dapat berinteraksi dan menimbulkan reaksi terhadap obat-obatan tertentu seperti antibiotik, antikoagulan, dan obat insomnia. Anda juga harus menghindari makan nanas dengan kondisi mentah atau minum jus nanas yang mentah karena bisa berbahaya lantaran bisa menyebabkan diare dan muntah yang parah.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)