Kaya Vitamin dan Mineral, Begini Cara Variatif Mengolah Bayam

Jum'at, 12 Juni 2020 - 08:46 WIB
loading...
Kaya Vitamin dan Mineral, Begini Cara Variatif Mengolah Bayam
Foto/Istimewa
A A A
BAYAM, sayur yang satu ini seringkali dianggap membosankan. Padahal kalau diolah secara kreatif, sayur ini bisa menjadi menu yang nikmat.

Makanan bergizi yang penuh dengan sumber vitamin dan mineral seperti sayuran bayam termasuk jenis bahan pangan yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Namun, Anda di rumah mungkin sering bingung mengolahnya karena biasanya hanya menjadikan sayuran bayam menjadi sayur bening saja. Padahal ada beberapa pilihan menu lainnya, mulai dari camilan sehat berbahan sayuran bayam seperti kroket bayam hingga sajian ala Korea yaitu bibimbab bisa menjadi alternatif menu harian.

Sayur bayam dipercaya berasal dari daratan tropis benua Amerika. Namun, saat ini bayam telah tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Mudah dicari dan memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh, membuat Bayam menjadi salah satu sayur hijau favorit pilihan masyarakat. (Baca: Kuah Hangat Sup Telur Puyuh Segarkan Hari)

Bayam hijau diketahui mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B1 dan B2, Niacin, Beta-Karoten, dan vitamin C. Kandungan energi di dalamnya turut berpengaruh untuk meningkatkan tenaga. Selain itu, kandungan gizi pada bayam diketahui mampu memberikan pengaruh baik pada kualitas mata, mencegah kanker, memperkuat otot, mengembangkan sistem saraf pada janin, dan menjaga tekanan darah.

Untuk meningkatkan minat atas konsumsi sayur Bayam, ada banyak alternatif cara yang dapat dilakukan dalam mengolah Bayam. Berikut beberapa resep menu andalan olahan Bayam yang direkomendasikan oleh FITSHOP, sebuah portal penyedia produk harian terkait gaya hidup sehat. Pertama adalah menu kroket bayam, resep kroket bayam ini adalah menu makanan cemilan yang bergizi dan mudah dibuat. Bisa juga dijadikan sebagai sajian menarik bagi anak-anak yang sulit makan sayur hijau.

Membuat kroket bayam sangatlah mudah. Bahan yang diperlukan antara lain bayam hijau yang direbus sebentar lalu dicincang dan ditumis bersama minyak zaitun, bumbu bawang putih, bawang bombay, dan bumbu lada hitam. Sementara untuk kulit kroketnya diperlukan tepung panko, garam, telur, dan susu untuk dijadikan adonan kulit kroket yang renyah di bagian luar. Setelah adonan jadi, masukan isian bayam yang telah ditumis kemudian goreng sampai kecokelatan. Kroket bayam pun siap untuk disajikan. (Baca juga: Pedas Manis Tumisan Kikil Menggugah Selera)

Menu lainnya yang menggunakan bayam adalah Korean bibimbab. Menu ini pasti familiar untuk Anda yang sering menonton drama Korea. Cara membuat menu yang tengah populer berkat drama Korea ini cukup sederhana, bahkan bisa dibuat sendiri di rumah. Siapkan brown rice yang sudah matang, dan bahan sayuran matang seperti bayam hijau, tauge, wortel dan timun yang diiris tipis, irisan daun bawang, beef slice yang sudah diiris dan ditumis dengan bumbu soy sauce dan bawang putih, 1 butir telur untuk dibuat menjadi telur mata sapi.

Nah, dalam masakan Korea bumbunya yang tak kalah penting dalam menu bibimbab adalah bubuk cabai, gochujang, sedikit madu agar ada harmoni rasa, biji wijen, dan sedikit tambahan garam serta merica. Nah untuk membuat menu ini sendiri pertama masukan dalam bowl brown rice yang masih hangat baru matang, tambahkan dengan soy sauce, bubuk cabai, gochujang, sedikit madu agar ada harmoni rasa, biji wijen, dan sedikit tambahan garam serta merica.

Kemudian aduk-aduk sampai rata. Setelahnya masukan berbagai macam sayuran tadi satu persatu termasuk bayam, dengan ditata rapih di bagian pinggir. Terakhir tambahkan dengan telur mata sapi di tengah-tengah sayuran tadi. Korean bibimbab pun bisa langsung Anda nikmati.

Begitu mudah untuk mengolah jenis sayur bayam dengan menu alternatif tadi bukan? Langsung saja mencoba jenis dua menu tadi di rumah yang bisa Anda jadikan bekal makan siang maupun menu camilan yang sehat di rumah. Kini Anda tak bingung lagi bagaimana mengolah sayuran bayam menjadi menu harian. (Dyah Ayu Pamela)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)