Buah Naga Disebut Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Yuk Cek Faktanya

Kamis, 03 Februari 2022 - 10:19 WIB
loading...
Buah Naga Disebut Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Yuk Cek Faktanya
Banyak informasi yang menyebutkan bahwa buah eksotis yang satu ini bahkan ampuh menurunkan kolesterol tinggi. / Foto: ilustrasi/pexels
A A A
JAKARTA - Buah naga dipercaya sebagai buah dengan sejuta manfaat. Banyak informasi yang menyebutkan bahwa buah eksotis yang satu ini bahkan ampuh menurunkan kolesterol tinggi .

Namun, apakah itu informasi yang benar atau hanya kabar burung belaka? Dikutip dari berbagai sumber berikut penjelasan selengkapnya.

Dalam laman Splendid Spoon, dijelaskan bahwa manfaat utama buah naga adalah menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Ini karena buah naga secara alami rendah kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans.

Baca juga: Dianjurkan Puasa ketika Bulan Rajab, Ini Beragam Manfaatnya buat Kesehatan

"Biji buah naga yang kecil-kecil kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan," terang laporan tersebut, seperti dikutip MNC Portal, Kamis (3/2/2022).

Buah naga juga menjadi pilihan yang baik untuk Anda yang vegetarian, namun tetap ingin mendapatkan asupan omega-3 dari sumber nabati, bukan dari ikan.

Kemudian, dijabarkan di laman Only My Health, buah naga diyakini sangat baik dalam upaya mengontrol kolesterol dalam darah.

"Buah naga kaya akan omega-3 dan omega-6 yang membantu menurunkan kolesterol tinggi," sebut laporan dalam laman tersebut.

Dijelaskan juga di sana bahwa kandungan antioksidan buah naga pun cukup tinggi dan itu penting untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Secara detail, kandungan nutrisi yang ada di buah naga itu amat luar biasa. Laman Web MD mengungkapkan sebagai berikut:

Kalori: 102
Lemak: 0 gram
Protein: 2 gram
Karbohidrat: 22 gram
Serat: 5 gram
Gula: 13 gram

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang ada di buah naga pun kaya, seperti:

Baca juga: Kasus Omicron Terus Meningkat, Menkes Kembali Ingatkan Disiplin Prokes

Vitamin A: 100 unit
Vitamin C: 4 miligram
Kalsium: 31 miligram
Besi: 0,1 miligram
Magnesium: 68 miligram
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)