Cokelat Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi, Sama Efektifnya seperti Obat

Jum'at, 04 Februari 2022 - 09:15 WIB
loading...
Cokelat Ampuh Menurunkan...
Cokelat ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Bahkan penelitian terbaru melaporkan bahwa makanan manis ini sama efektifnya seperti statin, obat kolesterol. Foto/Good Housekeeping
A A A
JAKARTA - Cokelat ampuh menurunkan kolesterol tinggi . Bahkan penelitian terbaru melaporkan bahwa makanan manis ini sama efektifnya seperti statin, obat kolesterol .

Kolesterol tinggi mirip dengan tekanan darah tinggi, tidak menimbulkan banyak gejala. Namun, penumpukan kolesterol dapat memicu masalah kesehatan yang parah. Itu sebabnya banyak yang meresepkan statin untuk menurunkan jumlah kolesterol.

Kadar kolesterol tinggi terutama disebabkan oleh makan terlalu banyak makanan berlemak dan gaya hidup yang buruk. Untungnya, melakukan kebalikannya dan mengubah kebiasaan Anda bisa menurunkan kadar kolesterol yang melonjak.

Dilansir dari Express, Jumat (4/2/2022) sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition telah menemukan bahwa makanan tertentu dapat bekerja sebagai obat.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol ala dr. Zaidul Akbar dengan Rumus 8+3+B

"Sementara kebanyakan dokter dengan cepat meresepkan obat (seperti statin) untuk pengobatan, sebuah studi baru menunjukkan alternatif berbasis makanan yang efektif untuk jutaan orang Amerika yang terkena dampak, terutama mereka yang mungkin khawatir tentang efek samping obat," jelas laporan penelitian itu.

Makanan yang dimaksud penelitian ini termasuk sebatang coklat yang terbuat dari bahan seperti kenari. Kacang sebelumnya telah dikaitkan dengan efek positif pada kolesterol. Heart UK melaporkan bahwa kacang-kacangan adalah sumber lemak tak jenuh yang baik dan bisa menjaga kolesterol.

Alasan mengapa camilan kecil ini begitu manjur adalah kandungan seratnya. "Mereka mengandung serat yang dapat membantu memblokir beberapa kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah dari usus," jelas Heart UK.

Namun, penelitian tersebut tidak hanya melihat potensi menurunkan kolesterol pada cokelat batangan tetapi juga makanan ringan lainnya seperti smoothies. Makanan dalam penelitian ini secara khusus dibuat untuk mengandung campuran serat, sterol, asam lemak omega-3 ALA, dan antioksidan.

Baca Juga: Buah Naga Disebut Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Yuk Cek Faktanya

Para peserta penelitian diminta untuk menikmati camilan sebagai pengganti sesuatu yang sudah mereka makan. Selain itu, mereka diberitahu untuk tidak melakukan perubahan gaya hidup signifikan lainnya. Mereka makan camilan penurun kolesterol dua kali sehari selama 30 hari.

Setelah mengikuti protokol ini, kolesterol mereka turun rata-rata 9%. Namun, beberapa peserta menunjukkan penurunan kolesterol lebih dari 30%.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Mitos atau Fakta Golongan...
Mitos atau Fakta Golongan Darah O Rentan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Pakar IPB
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Kalap Makan saat Lebaran,...
Kalap Makan saat Lebaran, Ini 5 Tips Agar Kolesterol Terkontrol
8 Cara Cegah Asam Urat...
8 Cara Cegah Asam Urat dan Kolesterol Naik Saat Lebaran, Jangan Kalap Makan!
Rayakan Ramadan, Nutella...
Rayakan Ramadan, Nutella Ajak Keluarga Indonesia Berbagi Resep dan Berkah
BPDP Gelar Workshop...
BPDP Gelar Workshop Roemah Kreasi-Nyokelat di Roemah, Dorong UMKM Kakao Naik Kelas
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Solo, Kolesterol dan Tekanan Darah Banyak Ditemukan
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Bogor, 7 dari 10 Peserta Berisiko Penyakit Kronis
Rekomendasi
Menkomdigi Ajak Generasi...
Menkomdigi Ajak Generasi Muda Jadi Duta Internet Sehat dan Lawan Kejahatan Digital
Wamenhaj: Transparansi...
Wamenhaj: Transparansi jadi Kunci Berantas Kartel Haji
Digitalisasi Data, Penerima...
Digitalisasi Data, Penerima Bansos Diverifikasi lewat Pengenalan Wajah
Berita Terkini
Baskara Putra Raih Penghargaan...
Baskara Putra Raih Penghargaan Musik Bergengsi di Jepang Lewat Lagu 'everything u are'
Bawakan Lagu Goal, Lisa...
Bawakan Lagu 'Goal', Lisa BLACKPINK Buka Piala Dunia 2026 dengan Penampilan Spektakuler
Erick Thohir Terharu...
Erick Thohir Terharu Saksikan Pernikahan Justin Hubner dan Jennifer Coppen
Momen Lucu Pangeran...
Momen Lucu Pangeran George Tahan Bersin di Trooping the Colour 2026, Ini Reaksi Kate Middleton!
Konser Reuni BTS di...
Konser Reuni BTS di Busan Molor 75 Menit, HYBE Minta Maaf dan Jelaskan Penyebabnya
Juan Persia Vanesya...
Juan Persia Vanesya Siapkan Mental dan Bahasa Inggris untuk Audisi Miss Indonesia 2026
Infografis
Gejala Kolesterol Tinggi...
Gejala Kolesterol Tinggi yang Tak Disadari dan Sering Diabaikan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved