Mengenal 4 Fungsi Rangka Manusia dan Bagian-Bagiannya

Jum'at, 04 Februari 2022 - 16:07 WIB
loading...
Mengenal 4 Fungsi Rangka Manusia dan Bagian-Bagiannya
Fungsi rangka manusia adalah untuk menyusun tubuh, yang memiliki bagian-bagian tersendiri namun perannya saling berhubungan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Fungsi rangka manusia adalah untuk menyusun tubuh. Rangka merupakan sekumpulan tulang yang menopang bentuk dasar tubuh manusia, karena rangka mencakup 20 persen dari berat badan seseorang.

Fungsi Rangka dalam Tubuh Manusia

Melansir laman Alodokter, Jumat (4/2/2022), berikut fungsi rangka dalam tubuh manusia:



1. Membuat Sel Darah

Fungsi rangka dalam tubuh manusia yang pertama adalah untuk membuat sel darah. Sel darah ini merupakan hasil bagian tulang sumsum yang memiliki fungsi memproduksi sel-sel darah.

Sumsum tulang memiliki tekstur yang lunak dan terdapat pada rongga tulang tertentu, seperti tulang paha dan tulang panggul. Sumsum tulang ini selain berfungsi membuat sel darah, juga memiliki fungsi untuk menghancurkan sel-sel darah yang sudah lama atau tua.



2. Menunjang dan Membentuk Tubuh

Fungsi rangka dalam tubuh manusia yang kedua adalah menunjang dan membentuk tubuh. Fungsi rangka sebagai penunjang dan memberikan bentuk pada tubuh ini merupakan salah satu fungsi utama tulang. Selain memberikan bentuk tubuh, tulang rangka juga berfungsi menentukan tinggi badan seseorang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)