Sering Sariawan Bisa Jadi Ciri-ciri Kanker Mulut, Waspada!

Rabu, 09 Februari 2022 - 13:47 WIB
loading...
Sering Sariawan Bisa Jadi Ciri-ciri Kanker Mulut, Waspada!
Sering sariawan bisa menjadi ciri-ciri kanker mulut yang paling umum. Biasanya sariawan terasa sangat menyakitkan dan tidak sembuh dalam beberapa minggu. Foto/Medindia
A A A
JAKARTA - Sering sariawan bisa menjadi ciri-ciri kanker mulut . Biasanya sariawan terasa sangat menyakitkan dan tidak sembuh dalam beberapa minggu. Ini merupakan ciri atau gejala kanker mulut yang paling umum.

Selain sariawan, ciri-ciri umum kanker mulut lainnya berupa benjolan yang tidak dapat dijelaskan dan persisten di mulut yang tidak hilang dan benjolan persisten yang tidak dapat dijelaskan di kelenjar getah bening di leher yang tidak hilang.

Beberapa pasien juga melaporkan gejala lain seperti bercak putih atau kemerahan di bagian dalam mulut, gigi goyang, pertumbuhan atau benjolan di dalam mulut, sakit mulut, sakit telinga dan sulit atau menyakitkan menelan.

Kanker mulut mengacu pada kanker yang berkembang di salah satu bagian yang membentuk mulut (rongga mulut). Kanker mulut dapat terjadi pada bibir, gusi, lidah, lapisan dalam pipi, atap mulut dan dasar mulut (di bawah lidah).

Baca Juga: Jenis Ikan Ini Bisa Menyebabkan Kanker, Jangan Keseringan Dikonsumsi



Dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (9/2/2022) kanker yang terjadi di bagian dalam mulut terkadang disebut kanker mulut atau kanker rongga mulut.

Kanker mulut adalah salah satu dari beberapa jenis kanker yang dikelompokkan dalam kategori yang disebut kanker kepala dan leher. Kanker mulut, kanker kepala dan leher lainnya sering diperlakukan sama.

Kanker mulut terbentuk ketika sel-sel di bibir atau di mulut mengalami perubahan (mutasi) dalam DNA mereka. Perubahan mutasi memberitahu sel untuk terus tumbuh dan membelah ketika sel sehat akan mati. Akumulasi sel kanker mulut yang abnormal dapat membentuk tumor.

Seiring waktu mereka dapat menyebar di dalam mulut dan ke area lain di kepala dan leher atau bagian tubuh lainnya. Kanker mulut paling sering dimulai di sel datar dan tipis (sel skuamosa) yang melapisi bibir dan bagian dalam mulut Anda. Sebagian besar kanker mulut adalah karsinoma sel skuamosa.

Baca Juga: Sayuran Ini Berisiko Picu Kanker 2 Kali Lipat, Batasi!

Tidak jelas apa yang menyebabkan mutasi pada sel skuamosa yang menyebabkan kanker mulut. Buat janji dengan dokter umum atau dokter gigi jika Anda memiliki tanda dan gejala yang mengganggu dan berlangsung lebih dari dua minggu.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2174 seconds (10.177#12.26)