4 Destinasi yang Pernah Jadi Ibu Kota Indonesia, Nomor 2 Bikin Kaget

Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:27 WIB
loading...
4 Destinasi yang Pernah Jadi Ibu Kota Indonesia, Nomor 2 Bikin Kaget
Ada empat destinasi yang pernah menjadi ibu kota Indonesia sepanjang sejarah. Seperti Jakarta saat ini, destinasi tersebut dijadikan tempat pusat pemerintahan. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Ada empat destinasi yang pernah menjadi ibu kota Indonesia sepanjang sejarah. Seperti Jakarta saat ini, destinasi tersebut dijadikan tempat pusat pemerintahan.

Pemilihan lokasi ibu kota ini tidak sembarangan. Banyak faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi ibu kota, dari segi keamanan, ekonomi dan lainnya.

Hal ini bertujuan agar ibu kota baru jauh lebih baik kondisinya daripada lokasi sebelumnya. Sementara, pemindahan ibu kota bukan tanpa alasan, baik karena semakin padat penduduk, rawan banjir hingga kemacetan.

Lantas destinasi mana saja yang pernah menjadi ibu kota Indonesia? Berikut daftarnya seperti dikutip dari kanal YouTube Angka dan Data, Jumat (11/2/2022).


1. Jakarta (1945 dan 1950)

4 Destinasi yang Pernah Jadi Ibu Kota Indonesia, Nomor 2 Bikin Kaget


Lokasi yang pernah menjadi ibu kota Indonesia yang terakhir adalah Jakarta. Setelah Indonesia merdeka, nama Jakarta Toko Betsu Shi yang merupakan pemberian dari Jepang diganti menjadi Jakarta. Pada 19 September 1945, terbentuk pemerintahan Jakarta Raya dan menjadi ibu kota Indonesia di awal kemerdekaan.

Saat itu Jakarta belum menjadi provinsi sendiri seperti sekarang yakni DKI Jakarta. Dengan di bawah kepemimpinan Walikota Suwiryo, Jakarta Raya masih menjadi salah satu kota dari provinsi Jawa Barat.

Pada 17 Agustus 1950, 5 tahun setelah kemerdekaan Indonesia, Republik Serikat Indonesia (RIS) dibubarkan. RIS yang membuat Indonesia terdiri atas dari negara-negara bagian ini berubah menjadi Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) dan ibu kota Indonesia dipindahkan kembali ke Jakarta pada 1950.

Pada 1959, status Jakarta yang kala itu masih menjadi bagian dari provinsi Jawa Barat berubah dari Jakarta Raya menjadi DKI Jakarta dengan Sumarno sebagai Gubernur pertama. DKI Jakarta terdiri dari kabupaten kota administrasi yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan kabupaten Kepulauan Seribu. Setelah menjadi provinsi sendiri pada 28 Agustus 1961, Jakarta resmi menjadi ibu kota Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)