Kontak Erat dengan Pasien Omicron, Ini Waktu yang Tepat untuk Tes Covid-19

Jum'at, 11 Februari 2022 - 17:24 WIB
loading...
Kontak Erat dengan Pasien Omicron, Ini Waktu yang Tepat untuk Tes Covid-19
Setelah kontak erat dengan pasien Omicron, seseorang dianjurkan untuk melakukan tes Covid-19, antigen atau PCR. Lantas kapan waktu tepat untuk tes Covid-19? Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setelah kontak erat dengan pasien Omicron , seseorang dianjurkan untuk melakukan tes Covid-19 seperti tes antigen atau tes PCR . Lantas kapan waktu yang tepat untuk tes Covid-19 ?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi mengimbau agar segera melakukan tes Covid-19 setelah seseorang melakukan kontak erat dengan pasien Omicron.

"Segera tes jika kontak erat dengan orang positif Covid-19 agar mengetahui apakah positif atau tidak," kata dr Siti Nadia dalam keterangannya dikutip Jumat (11/2/2022).

Jika hasil tes negatif, dr Siti Nadia menyarankan untuk tetap menjalankan karantina mandiri selama 5 hari. Ini karena varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan itu memiliki masa inkubasi mencapai 14 hingga 21 hari.




"Kalau hasilnya negatif harus karantina karena ada masa inkubasi. Mungkin pada saat kita tes belum positif. Jadi karantina selama 5 hari dan lakukan tes kembali," saran dr Siti Nadia.

Gejala Omicron biasanya muncul secara berbeda-beda pada setiap pasien. Dijelaskan dr Siti Nadia bahwa ada pasien yang menunjukkan gejala 3 sampai 6 hari setelah terinfeksi.

Sementara itu, gejala Omicron meliputi pilek, batuk hingga sakit tenggorokan. Meski terlihat ringan, namun dr Siti Nadia menekankan untuk tidak menyepelekan varian ini.

"Jadi setelah 5 hari tertular baru hari ke 5 muncul gejala. Ada yang mengatakan setelah 3 hari tertular, gejala sudah mulai muncul," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3272 seconds (0.1#10.140)