Profil dan Biodata Dorce Gamalama yang Meninggal karena Covid-19

Rabu, 16 Februari 2022 - 09:59 WIB
loading...
Profil dan Biodata Dorce Gamalama yang Meninggal karena Covid-19
Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022) pagi akibat Covid-19. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022) pagi akibat Covid-19. Berikut profil dan biodatanya.

Dorce Gamalama diketahui memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi. Dia menjadi presenter terkenal sejak 1989. Dedi atau Dorce lahir di Solok, Binjai, Sumatera Barat, pada 21 Juli 1963.



Selain populer sebagai pembawa acara dan menjadi komedian, dia juga memiliki bakat lain. Dorce Gamalama fasih membawakan lagu dalam berbagai bahasa asing seperti Inggris, China, Belanda, Jerman, Prancis, Arab, dan India.

Meski demikian, Dorce merasa lebih nyaman disebut sebagai penghibur, bukan penyanyi. Dengan begitu, Dorce yang kini menjajaki usia 58 tahun, semakin melambung di dunia entertainment sebagai seorang komedian.

Di dunia tarik suara, Dorce kerap menyanyi bersama kelompok Bambang Brothers. Saat memasuki sekolah menengah pertama (SMP), dia semakin tidak tertarik pada pelajaran sekolah. Dorce lebih memusatkan perhatian pada bidang menyanyi.





Seiring waktu, Dorce juga mulai menyadari kecenderungannya tertarik jadi seorang wanita. Hal ini dia manfaatkan untuk membuat penampilannya berbeda di panggung.

Saat beraksi menjadi komedian, Dorce berpura-pura menjadi wanita. Ketika itulah Dorce mendapatkan nama panggilan dari Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls, yaitu Dorce Ashadi.

Hingga akhirnya Dedi Yuliardi memutuskan untuk mengubah jenis kelamin di Surabaya dan memiliki nama menjadi Dorce Gamalama. Gamalama sendiri adalah nama gunung di kawasan Ternate, Kepulauan Maluku.

Dorce Gamalama terus menjadi perhatian, termasuk saat dia memutuskan untuk ibadah haji dan menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Sebelumnya, Dorce sempat beberapa kali berganti nama panggung. Dorce pernah menggunakan nama Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkapeer, hingga akhirnya mantap menggunakan nama Dorce Gamalama.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)