Anak Omicron Sudah Mendominasi 10 Negara, WHO: Tidak Ada Perbedaan Dalam Hal Keparahan

Jum'at, 18 Februari 2022 - 17:05 WIB
loading...
Anak Omicron Sudah Mendominasi 10 Negara, WHO: Tidak Ada Perbedaan Dalam Hal Keparahan
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut subvarian Covid-19 Omicron, BA.2. Son of Omicron atau anak Omicron kini sudah mendominasi di 10 negara. foto/ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 varian Omicron yang sedang melonjak, tidak menutup kemungkinan varian lainnya pun ikut bermunculan. Terlebih menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) subvarian Covid-19 Omicron, BA.2. "Son of Omicron" atau "anak Omicron" kini sudah mendominasi di 10 negara.

Melansir dari livemint bahwa varian BA.2 lebih menular dari BA.1, hal itu diketahui berdasarkan dari sejumlah penelitian yang sedang dilakukan membandingkan sub-garis keturunan yang berbeda dari Omicron.

“Sekarang di antara semua subvarian, BA.2 lebih menular daripada BA.1. Namun, tidak ada perbedaan dalam hal keparahan," ujar Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip, Jumat (18/2/2022)

Laporan Epidemiologis Mingguan Covid-19 WHO yang terbit Selasa (15/2/2022), WHO menyebut dominasi BA.2 lebih dari 50% di Bangladesh, China, Denmark, Guam, India, Montenegro, Nepal, Pakistan, Brunei Darussalam dan Filipina.



WHO menunjukkan bahwa semua varian virus corona lainnya, termasuk alfa, beta, dan delta, terus menurun secara global karena omicron menyingkirkannya. Di antara lebih dari 400.000 urutan virus COVID-19 yang diunggah ke database virus terbesar dunia dalam sepekan terakhir, lebih dari 98% adalah omicron.

Badan kesehatan PBB itu mengatakan pada Selasa malam dalam laporan mingguannya tentang pandemi bahwa lebih dari 16 juta infeksi Covid-19 baru dan sekitar 75.000 kematian dilaporkan di seluruh dunia pekan lalu.

Hasil yang diketahui bahwa Pasifik Barat wilayah yang melaporkan peningkatan kasus mingguan baru, sekitar 19%, Asia Tenggara melaporkan penurunan sekitar 37% mengalami penurunan terbesar secara global. Jumlah kematian meningkat sebesar 38% di Timur Tengah dan sekitar sepertiga di Pasifik Barat.

Maria Van Kerkhove dari WHO mengatakan sangat luar biasa melihat seberapa cepat Omicron telah mengambil alih Delta dan di antara urutan yang tersedia kami melihat peningkatan jumlah sub-garis keturunan. BA.2 kasus.

Subvarian ini tampaknya "terus meningkat" dan prevalensinya telah meningkat di Afrika Selatan, Denmark, Inggris, dan negara-negara lain.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2665 seconds (0.1#10.140)