PSBB Berdampak pada Penambahan Volume Sampah Plastik

Minggu, 14 Juni 2020 - 15:32 WIB
loading...
A A A
Danone-AQUA juga baru saja meraih penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah oleh Produsen dari KLHK untuk ketiga kali. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri LHK Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar kepada Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA) Corine Tap secara virtual awal pekan lalu.

Swietenia Puspa Lestari, penyelam sekaligus pendiri Divers Clean Action (DCA), sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada permasalahan sampah di lautan dan pengembangan masyarakat pesisir, mengatakan bahwa ada beberapa gerakan yang masyarakat bisa ikuti untuk menjaga lingkungan di masa New Normal.

"Misalnya dengan menggunakan masker guna ulang bagi yang sehat agar lebih mudah membedakan mana sampah infeksius dari rumah tangga, menggunakan alat makan cuci ulang, serta memilah sampah dari rumah agar membantu pengelolaan sampah yang optimal dan tidak mencemari lingkungan,” ujar Swietenia.

Data dari LIPI menunjukkan, jasa delivery makanan dan produk belanja online meningkat dua kali lipat dan 96% kemasannya adalah plastik. ( )

"Kita bisa mengurangi sampah dengan memilih opsi pengiriman alternatif yang tidak menambah sampah. Dengan mengubah perilaku di rumah, kita turut mencegah kerusakan lingkungan yang berpotensi menimbulkan bencana kesehatan di kemudian hari," pungkas Swietenia.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)