Ini 6 Komplikasi Penyakit Jantung yang Patut Diwaspadai

Selasa, 22 Februari 2022 - 20:24 WIB
loading...
A A A
Kondisi tersebut terjadi akibat aliran darah ke jantung jadi tersumbat oleh plak (penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain). Plak ini kemudian pecah dan membentuk gumpalan dan mengganggu aliran darah.

3. Penyakit Stroke

Stroke merupakan masalah kesehatan yang utama bagi masyarakat modern saat ini. Stroke terjadi ketika jantung tidak bekerja dengan efektif karena terhambatnya peredaran darah ke otak.

Gangguan peredaran darah otak berupa tersumbatnya pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah di otak. Gangguan fungsi otak ini akan mengakibatkan stroke.

Seseorang yang terkena stroke, umumnya mengalami berbagai gejala, seperti:

- Kesulitan berbicara dan berjalan.
- Kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, kaki, dan tangan.
- Pandangan pada salah satu atau kedua mata menjadi kabur dan menghitam.
- Sakit kepala parah yang terjadi secara mendadak.

4. Henti Jantung

Henti jantung ditandai dengan berhentinya fungsi jantung, sehingga menyebabkan gangguan bernapas dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini terjadi akibat gangguan listrik di jantung, sehingga tugas organ dalam memompa darah menjadi terhambat dan menghentikan aliran darah ke jantung.

Komplikasi penyakit jantung ini dapat terjadi tanpa peringatan. Terkadang dapat juga menimbulkan gejala sebelum henti jantung, seperti sesak napas disertai denyut jantung tidak beraturan, dan rasa tidak nyaman pada dada.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)