Ini 6 Komplikasi Penyakit Jantung yang Patut Diwaspadai

Selasa, 22 Februari 2022 - 20:24 WIB
loading...
Ini 6 Komplikasi Penyakit Jantung yang Patut Diwaspadai
Penyakit jantung merupakan suatu penyakit degeneratif yang berkaitan dengan gaya hidup dan sosial ekonomi masyarakat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Penyakit jantung saat ini menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Di Indonesia, penyakit jantung juga cenderung meningkat sebagai penyebab kematian.

Penyakit jantung merupakan suatu penyakit degeneratif yang berkaitan dengan gaya hidup dan sosial ekonomi masyarakat. Penyakit jantung juga bisa bertambah parah dan menyebabkan komplikasi.

Sebagaimana dilansir Hellosehat, berikut berbagai bentuk komplikasi penyakit jantung yang patut diwaspadai.

Baca juga: Lady Rocker Nicky Astria Nyanyikan Ulang Lagu Semusim Karya Eros Djarot

1. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Gagal jantung membuat otot jantung jadi lemah dan kaku.

Terdapat gagal jantung kongestif yang perlu Anda waspadai. Tanda-tanda dan gejala paling umum gagal jantung antara lain sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, dan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, tungkai kaki, perut, dan vena di leher.

2. Serangan Jantung

Gejala utama serangan jantung berupa nyeri terus menerus pada dada, lengan dan rahang, yang berlangsung selama beberapa menit sampai beberapa jam. Nyeri timbul secara mendadak dan sangat sakit sehingga kerja jantung menjadi tidak efisien, akibatnya pasokan darah ke otot jantung berkurang.

Apabila terjadi gejala serangan jantung seperti di atas, maka orang tersebut harus mendapatkan pertolongan medis secepatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)