Angela Tanoesoedibjo: Kelestarian Lingkungan Aset Paling Berharga bagi Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan

Rabu, 02 Maret 2022 - 13:04 WIB
loading...
A A A
Program tersebut merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf bersama Jejak.in dengan melakukan perhitungan emisi yang dihasilkan dari perjalanan wisatawan, baik dari penggunaan listrik, bahan bakar transportasi, dan lain sebagainya.

Untuk program offsetting yaitu menanam pohon bagi wisatawan untuk memitigasi jejak karbon hasil dari perjalanan mereka. Inovasi ini didukung KLHK karena bertujuan untuk melestarikan lingkungan hidup dan mengembangkan hutan kota.

"Kami yakin bahwa program carbon footprint calculator dan carbon offsetting ini adalah salah satu cara dalam mengatasi perubahan iklim yang diakibatkan kegiatan pariwisata. Dan dengan adanya program ni, meningkatkan reputasi dan kepercayaan publik kepada sektor pariwisata indonesia sehingga dapat mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi," beber Angela.

Sebagai sektor yang bergantung pada keindahan alam, Angela mengajak seluruh masyarakat untuk menjaganya. "Semakin lestari, maka semakin memajukan sektor pariwisata dan mensejahterakan masyarakat," kata dia.

Untuk mewujudkan hal ini, Kemenparekraf perlu konsisten dalam memberikan pengertian kepada semua yang terlibat, termasuk pekerja pariwisata, para pengusaha, pemerintah daerah, media, dan tentunya wisatawan.

Baca juga: 2 Tahun Pandemi di Indonesia, Belum Saatnya Longgarkan Prokes!

"Nilai ekonomi yang dihasilkan dari kegiatan pariwisata, selain untuk mensejahterakan masyarakat dan ekonomi daerah, perlu juga dimanfaatkan kembali untuk pelestarian alam," pungkasnya.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)