5 Kuliner Khas Jawa Barat yang Penuh Filosofi, Cita Rasa Melegenda

Senin, 07 Maret 2022 - 13:24 WIB
loading...
A A A
Kue dari beras ketan seukuran kelereng ini menjadi salah satu kuliner dan buah tangan khas Kota Sukabumi. Moci sendiri merupakan makanan dari Jepang. Konon, moci di Sukabumi hadir pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Ketika itu, banyak keluarga di Sukabumi yang bekerja pada Jepang, sehingga menyerap ilmu membuat kue moci.

Tetapi, beberapa sumber sejarah lain menyebutkan bahwa moci pertama kali dikenalkan oleh orang-orang keturunan Tionghoa pada 1960-an. Saat itu, mereka tidak diperkenankan bekerja oleh pemerintah, sehingga membuat moci untuk menyambung nyawa.

Terlepas dari sejarah asal-usulnya, saat ini, moci telah menjelma menjadi oleh-oleh paling masyhur dari Sukabumi. Bahkan, seiring berjalannya waktu, kulit moci dan isiannya berkembang. Tak hanya isian kacang, namun juga cokelat, pandan, selai stroberi, teh hijau hingga keju.


3. Galendo

5 Kuliner Khas Jawa Barat yang Penuh Filosofi, Cita Rasa Melegenda


Berkunjung ke Kabupaten Ciamis tak lengkap rasanya kalau pulang tanpa membawa galendo. Kuliner yang terbuat dari saripati minyak kelapa ini rasanya manis dan gurih di mulut. Galendo bisa disantap langsung atau jadi campuran masakan khas Ciamis lainnya, seperti dage atau colok gebrug.

Proses pembuatan galendo memakan waktu yang cukup lama. Awalnya, ratusan butir kelapa dikupas dan diparut menggunakan mesin. Hasil parutan kemudian disaring dan diambil saripatinya dan diendapkan beberapa jam.

Saripati kemudian dimasak dengan menggunakan tungku yang bahan bakarnya berasal dari batok kelapa. Perlu stamina ekstra di sini. Sebab, proses memasak memakan waktu hingga empat jam dengan terus mengaduk saripati, agar tidak gosong.

Proses tersebut bertujuan untuk memisahkan saripati dan minyak kelapa. Galendo yang telah terpisah dari minyak, kemudian dikeringkan untuk memastikan minyaknya benar-benar hilang. Setelah itu, galendo baru bisa disajikan. Banyak toko cinderamata di Ciamis yang menjajakan galendo, baik dalam bentuk batang maupun bubuk.

4. Bubur Suro
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)