5 Makanan dan Minuman Penyebab Kanker, Nomor 4 Paling Sering Dikonsumsi

Jum'at, 11 Maret 2022 - 16:15 WIB
loading...
A A A
3. Alkohol
Salah satu minuman membuat hati Anda memecah alkohol menjadi asetaldehida, senyawa karsinogenik. Menurut ulasan 2017, asetaldehida meningkatkan kerusakan DNA dan stres oksidatif.

Juga dapat mengganggu fungsi kekebalan, sehingga sulit bagi tubuh untuk menargetkan sel-sel prakanker dan kanker. Pada wanita, alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, menurut astudi 2015. Hal ini terkait dengan risiko lebih tinggi untuk kanker payudara reseptor estrogen-positif.

4. Gula
Bagi yang hobi mengkonsumsi manis perlu berhati-hati karena memberi lebih banyak gula pada sel kanker tidak membuat mereka tumbuh lebih cepat dan kelaparan gula tidak membuat mereka tumbuh lebih lambat.

Namun, makan banyak gula, termasuk makanan penutup dan minuman manis, dapat menyebabkan penambahan berat badan, yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

5. Makanan yang Dibakar
Memanggang atau membakar daging bisa menyebabkan kanker, terutama bila dilakukan di atas api tinggi dan dalam waktu lama. Pasalnya, pembakaran daging ini memicu terbentuknya senyawa heterocyclic amine (HCA) dan policyclic aromatic hydrocarbon (PAH), tergolong sebagai zat karsinogen.

Adapun zat karsinogen dalam makanan dapat menjadi penyebab berkembangnya sel kanker, termasuk payudara. HCA dan PAH adalah dua senyawa bersifat mutagenik, yaitu bisa menyebabkan perubahan DNA, yang dapat meningkatkan risiko kanker.
(hri)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)