Perbedaan Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show, Apa Saja?

Sabtu, 12 Maret 2022 - 16:47 WIB
loading...
Perbedaan Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show, Apa Saja?
Perbedaan Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show sebenarnya sangat mencolok. / Foto: Instagram @parisfashionweek
A A A
JAKARTA - Perbedaan Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show sebenarnya sangat mencolok. Hal ini dalam beberapa waktu ke belakang menjadi buah bibir masyarakat Indonesia.

Ya, Paris Fashion Week menjadi pembicaraan usai ada beberapa brand lokal yang mengeklaim tampil di pergelaran fesyen kelas dunia itu.

Pada kenyatannya, sederet brand seperti Geprek Bensu tampil di Paris Fashion Show, bukan Paris Paris Fashion Week. Adapun acara Paris Fashion Show itu memang digelar dalam waktu yang bersamaan dengan Paris Fashion Week.

Baca juga: Prambanan Jazz Festival 2022, Ini Daftar Musisi yang Akan Tampil

Hal tersebut membuat banyak masyarakat salah kaprah dan tak paham membedakan antara Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show.

Lantas apa sebenarnya perbedaan antara Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show?

1. Paris Fashion Week

Paris Fashion Week merupakan acara peragaan busana resmi yang digelar setiap tahunnya oleh Federation de la Haute Couture et de la Mode. (FHCM). Nama Paris Fashion Week tak bisa sembarangan disematkan lantaran sudah memiliki hak paten.

Menurut laman resmi Paris Fashion Week, logo dari Federation De La Haute Coute Et De La Mode, FHCM, Paris Fashion Week, PFW, Sphere Paris Fashion Week Showroom tak boleh disalin, ditiru, atau digunakan, seluruhnya maupun sebagian tanpa izin tertulis dari federasi tersebut.

Adapun brand ternama yang tampil dalam pergelaran tersebut antara lain ada Louis Vuitton, Dior, Saint Laurent, Balenciaga, dan lain-lain.

Apakah tidak ada brand Indonesia yang hadir di Paris Fashion Week? Ada. Terdapat dua brand asal Indonesia yang unjuk kebolehan dalam PFW 2022 yakni Jewel Rock dan Sean Sheila.

2. Paris Fashion Show

Berbeda dengan Paris Fashion Week, Paris Fashion Show adalah acara yang diadakan Gekrafs atau Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Indonesia yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Ketua Bakominfo Gekrafs, Ifan Seventeen sadar para desainer yang tak menjadi bagian dari FHCM jelas dilarang asal mengklaim tampil di ajang Paris Fashion Week.

Baca juga: MotoGP 2022 Berpotensi Picu Penularan Covid-19? Begini Penjelasan Kemenkes

Untuk itulah Gekras menamakan acara mereka dengan sebutan GEKRAFS Paris Fashion Show during Paris Fashion Week. Atau bisa dikatakan acara tersebut digelar saat Paris Fashion Week juga tengah berlangsung.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0851 seconds (10.55#12.26)