Sebelum Lakukan Diet Karnivora, Pahami Dulu Risikonya

Sabtu, 12 Maret 2022 - 21:24 WIB
loading...
Sebelum Lakukan Diet...
Banyak cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan atau diet, salah satu yang umum dilakukan adalah diet karnivora. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Banyak cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan atau diet . Salah satu yang umum dilakukan adalah diet karnivora.

Diet ini mirip dengan diet rendah karbohidrat layaknya diet ketogenik dan paleo. Namun, karena membatasi sebagian besar atau semua sumber karbohidrat , ini jauh lebih ekstrem.

Ahli diet terdaftar dan peneliti nutrisi di University of Alabama di Birmingham, Amy Goss, PhD, mengungkapkan bahwa manfaat yang dilaporkan dari diet karnivora menarik.

Baca juga: Sepupu sang Mantan Komentari Video Pelukan dengan Hotman Paris, Mawar AFI: Saya Tidak Jual Diri

Sayangnya, belum ada cukup bukti untuk membuat kesimpulan tentang hasil kesehatan dari diet ini.

Akan tetapi, dalam survei tahun 2021 terhadap lebih dari 2.000 orang di media sosial yang mengikuti diet karnivora, hanya sedikit peserta melaporkan gejala kekurangan nutrisi.

Para ahli gizi merekomendasikan diet yang tidak terlalu ketat. Beberapa di antaranya diet DASH atau Mediterania yang menawarkan lebih beragam nutrisi termasuk serat, vitamin dan mineral utama, antioksidan, serta fitonutrien.

"Makanan yang tinggi serat, tinggi antioksidan, tinggi vitamin dan mineral cenderung baik dan mengurangi banyak hal itu pada diet karnivora," kata Megan Poczekaj, RDN, LD, dilansir dari The Insider, Sabtu (12/3/2022).

Diet tinggi serat dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah dan kesehatan GI yang lebih baik. Kekhawatiran lain adalah vitamin C dan risiko penyakit kudis.

"Dalam hal menurunkan karbohidrat dan mengurangi makanan olahan, saya memiliki banyak klien yang kembali dan mereka mengatakan bahwa mereka merasa lebih baik, tetapi itu tidak harus ekstrem," kata Fran Blackman, ahli diet terdaftar di Vanderbilt University Medical Center.

Baca juga: Film Animasi Turning Red Banyak Terinspirasi dari Boy Group Bigbang dan 2PM

Hasil penelitian yang menghubungkan diet tinggi daging, khususnya daging merah dan olahan, dengan hasil kesehatan yang negatif, dapat memicu penyakit jantung koroner, obesitas, diabetes, kanker --termasuk kanker usus besar, kanker kerongkongan, dan kanker perut.
(nug)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Jangan Tunggu Keluhan,...
Jangan Tunggu Keluhan, Pemeriksaan Mata Anak Perlu Dilakukan Sejak Dini
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Vicky Shu Sempat Alami...
Vicky Shu Sempat Alami Body Shaming, Kini Sukses Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan
Jalan Kaki Efektif Turunkan...
Jalan Kaki Efektif Turunkan Berat Badan, Ini Jarak dan Cara yang Efektif!
Nunung Tekankan Pentingnya...
Nunung Tekankan Pentingnya Perawatan Alami untuk Kesehatan Tubuh dan Benjolan
BPJS Kesehatan Pastikan...
BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Peserta Tanpa Diskriminasi
Transformasi Rejuve...
Transformasi Rejuve Dorong Kebiasaan Hidup Sehat
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Rekomendasi
Dorong Penguatan Pendidikan...
Dorong Penguatan Pendidikan Vokasi Ganda, Endress+Hauser Gelar Education Forum 2026
10 Ruas Jalan di Jakarta...
10 Ruas Jalan di Jakarta Ditutup saat Presiden Jerman Melintas Besok Pagi
Polisi Sebut Demo di...
Polisi Sebut Demo di Bundaran HI Tidak Sesuai Aturan, Begini Respons BEM UI
Berita Terkini
Audisi Miss Indonesia...
Audisi Miss Indonesia 2026 Yogyakarta Hari Kedua Diserbu Talenta Muda Berprestasi
Limbad Jenguk Haji Bolot...
Limbad Jenguk Haji Bolot di Rumah Sakit, Doakan Sang Komedian Cepat Sembuh
Ruben Onsu Unggah Video...
Ruben Onsu Unggah Video Giorgio Ngopi di Rumah Sarwendah, Captionnya Bikin Heboh
Nikahi Jennifer Coppen,...
Nikahi Jennifer Coppen, Justin Hubner Berikan Mahar 12 Gram Emas dan Uang 2.026 Euro
Bela Ruben Onsu, Betrand...
Bela Ruben Onsu, Betrand Peto Mengaku Pernah Ditampar Keluarga Sarwendah
Baskara Putra Raih Penghargaan...
Baskara Putra Raih Penghargaan Musik Bergengsi di Jepang Lewat Lagu 'everything u are'
Infografis
Amnesty Internasional...
Amnesty Internasional Tegaskan Israel Lakukan Genosida di Gaza
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved