Promosikan Produk Perikanan, KKP Hadirkan Paviliun Indonesia di SENA 2022

Senin, 14 Maret 2022 - 08:23 WIB
loading...
Promosikan Produk Perikanan, KKP Hadirkan Paviliun Indonesia di SENA 2022
Dalam rangka promosi komoditas dan produk unggulan perikanan Indonesia di AS, KKP didukung oleh KJRI New York dan KBRI Washington DC menghadirkan Paviliun Indonesia di SENA. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Dalam rangka promosi komoditas dan produk unggulan perikanan Indonesia di Amerika Serikat (AS), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) didukung oleh KJRI New York dan KBRI Washington DC , menghadirkan Paviliun Indonesia di Seafood Expo North America (SENA) bertempat di Boston Convention and Exhibition Center (BCEC) Boston pada 13 – 15 Maret 2022.

Paviliun Indonesia pada SENA 2022 dibuka secara resmi oleh Konjen RI New York Dr. Arifi Saiman, MA pada 13 Maret 2022 pukul 10.00 pagi. Acara pembukaan Paviliun Indonesia juga diisi dengan sajian tarian Indonesia yang dipersembahkan oleh Sanggar Tari Nusantara Kreasindo dari New Hampshire.

Promosikan Produk Perikanan, KKP Hadirkan Paviliun Indonesia di SENA 2022


Dalam pembukaan Paviliun Indonesia ini, Konjen RI New York antara lain menyampaikan bahwa berdasarkan data dari United States Trade Representative (USTR), sepanjang tahun 2019 hingga 2021, terdapat 35 komoditas ekspor seafood dari Indonesia di wilayah kerja KJRI New York (Connecticut, Delaware, Maine, Maryland, Massachusetts, New Hampshire, New Jersey, New York, North Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, South Carolina, dan Virginia).

Diketahui bahwa ikan cakalang fillet (Skipjack Tuna Fillets) dengan kode HS 030487 merupakan komoditas ekspor ikan dengan total value terbesar selama 3 tahun (2019 -2021), senilai di atas 38 juta dolar. Komoditas tersebut diekspor dari Indonesia ke negara bagian New Jersey, New York, Maryland, Massachusetts, dan Virginia. Ekspor komoditas ikan jenis lainnya (tawar/laut) sekitar USD100 juta.

Promosikan Produk Perikanan, KKP Hadirkan Paviliun Indonesia di SENA 2022


Baca Juga: Produk Perikanan Indonesia Raup USD58 Juta di SENA 2017

Sementara itu, udang menjadi komoditas seafood yang memiliki total value tertinggi di wilayah kerja KJRI New York dengan nilai di atas 270 juta dolar AS. Sebagai catatan, total ekspor ikan dan udang Indonesia ke AS tahun 2021 senilai USD2,4 milyar.

Paviliun Indonesia pada SENA 2022 terletak di main entrance north lobby (booth 36, 42, 54, 66, 69) dengan luasan 3.750 sqf yang akan diikuti oleh lima eksportir produk perikanan yaitu PT. Fresh On Time Seafood, PT. Indo American Seafoods, PT. Muria Bahari Indonesia, PT. Aruna Jaya Nuswantara, dan PT. Indo Mina Lestari.

Promosikan Produk Perikanan, KKP Hadirkan Paviliun Indonesia di SENA 2022


Sewa lahan difasilitasi KKP dan konstruksi Paviliun Indonesia menggunakan customized design yang dilengkapi dengan fasilitas demo masak dan coffee corner serta tarian daerah Indonesia dibawakan oleh diaspora Indonesia. Pemerintah Indonesia juga menyiapkan materi promosi berupa goodybag, buku exhibitors profile, poster, dan souvenir serta pemasangan iklan belly band (produk perikanan) pada Expo Map.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5014 seconds (0.1#10.140)