4 Makanan Rendah Glikemik, Nomor Terakhir Mudah Didapat

Selasa, 15 Maret 2022 - 16:07 WIB
loading...
4 Makanan Rendah Glikemik, Nomor Terakhir Mudah Didapat
Makanan rendah glikemik sangat penting diketahui, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani diet dan penderita diabetes. Mulai dari sayuran dan kacang-kacangan hingga bumbu. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Makanan rendah glikemik sangat penting diketahui, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani diet dan penderita diabetes. Mulai dari sayuran hingga bumbu dan rempah-rempah.

Bagi wanita melakukan diet menjadi pilihan utama untuk mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan. Salah satunya dengan diet rendah glikemik (GI rendah) didasarkan pada konsep indeks glikemik.

Makanan ini dapat dimasukkan sebagai bagian dari diet rendah GI. Berikut 4 makanan rendah glikemik yang telah dirangkum dari berbagai sumber.



1. Sayuran
Wortel, brokoli, kembang kol, seledri, zucchini, dan banyak lagi.
2. Kacang-kacangan
Lentil, buncis, kacang panggang, kacang mentega, kacang merah, dan banyak lagi.
3. Ikan dan makanan laut
Termasuk salmon, trout, tuna, sarden, dan udang.
4. Bumbu dan rempah-rempah
Seperti bawang putih, kemangi, adas, garam, dan merica.

Dalam pelaksanaannya, diet rendah GI memiliki kelemahan. GI bisa sulit untuk dihitung, tidak selalu mencerminkan kesehatan makanan, dan tidak memperhitungkan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Selain itu, diet rendah glikemik memiliki sejumlah manfaat kesehatan potensial, termasuk mengurangi kadar gula darah, membantu penurunan berat badan, dan menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Juga dapat mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet GI tinggi lebih mungkin mengembangkan jenis kanker tertentu, termasuk kanker endometrium, kolorektal, dan payudara, dibandingkan dengan orang yang diet rendah GI.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)