Rinso-Anteraja Kolaborasi Ajak Masyarakat Jadi #GenerasiPilahplastik

Selasa, 15 Maret 2022 - 19:56 WIB
loading...
Rinso-Anteraja Kolaborasi Ajak Masyarakat Jadi #GenerasiPilahplastik
Brand deterjen milik PT Unilever Indonesia, Rinso, menggandeng Anteraja untuk menyebarluaskan ajakan bagi masyarakat guna menjadi #GenerasiPilahPlastik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Brand deterjen milik PT Unilever Indonesia, Rinso, menggandeng Anteraja untuk menyebarluaskan ajakan bagi masyarakat guna menjadi #GenerasiPilahPlastik. Yakni generasi yang lebih peduli lingkungan dan bijak menangani kemasan yang digunakan, terutama kemasan plastik. Kerja sama ini memfasilitasi masyarakat untuk mengirimkan sampah yang sudah dipilah ke bank sampah tanpa pungutan biaya.

Head of Fabric Care Unilever Indonesia Erfan Hidayat menerangkan, Rinso memiliki tujuan membantu orangtua agar anak-anak dapat bermain di luar ruangan tanpa takut kotor. Namun permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, kerap kali membuat alam tempat bermain anak menjadi tidak nyaman.

"Untuk itu, sejalan dengan salah satu strategi The Unilever Compass, yaitu membangun planet yang lebih lestari, Rinso terus mengajak masyarakat menjaga alam Indonesia agar bersih dan tidak tercemari sampah, sekaligus mendorong para orangtua agar mengedukasi anak sedari dini untuk berbuat kebaikan tanpa takut kotor," kata Erfan.

"Kali ini, Rinso mengajak masyarakat menjadi #GenerasiPilahPlastik dengan melakukan pilah sampah dari rumah guna memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat, maupun lingkungan," tambahnya.

Sementara itu, Head of Communication and Engagement Waste4Change Hana Nur Auliana berkomentar, Indonesia masih dalam tahap membangun sistem ataupun teknologi persampahan yang ideal. Hingga saat ini penanganan sampah masih menggunakan cara konvensional yaitu kumpul-angkut-buang dengan kondisi sampah tercampur.

Dengan tingkat kesadaran masyarakat memilah sampah yang juga masih terbilang rendah, di mana 81% sampah di Indonesia masih berakhir dalam keadaan belum terpilah, kolaborasi antarpihak dalam mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap persoalan sampah menjadi hal yang sangat perlu digalakkan.

"Kami percaya upaya kolaborasi yang dilakukan Rinso dengan Anteraja akan bisa membantu menumbuhkan kepedulian dan kesadaran untuk memilah sampah, sekaligus meningkatkan recycling rate melalui pemanfaatan bank sampah," ujarnya.

Terkait kolaborasi ini, Head of Marketing Anteraja Leonardus Ramba menyampaikan, sebagai penyedia jasa pengiriman online, pihaknya selalu berupaya memberikan kebahagiaan bagi semua orang.

"Kami percaya bahwa bumi yang lestari akan membawa kebahagiaan, dan berupaya mewujudkan hal tersebut melalui banyak cara. Di tengah pandemi yang penuh keterbatasan, bersama Rinso kami ingin mempermudah masyarakat untuk turut berperan menjadi bagian dari #GenerasiPilahPlastik. Sayangi lingkungan, tanpa repot keluar rumah," paparnya.

Layanan jemput antar sampah kerja sama Rinso dan Anteraja dapat diakses dengan mengisi formulir di situs http://rinsogenerasipilahplastik.com/. Program jemput sampah gratis yang mencakup 10 provinsi (Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara) ini akan berlangsung selama Maret hingga akhir Mei 2022.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)