Film Korea yang Menang Oscar, Parasite hingga Minari

Rabu, 16 Maret 2022 - 07:55 WIB
loading...
Film Korea yang Menang Oscar, Parasite hingga Minari
Film Korea yang menang Oscar masih bisa dihitung dengan jari. Meski demikian, hal itu tak menghilangkan kebanggaan para insan film di Korea Selatan dan Asia pada umumnya. Foto/Internet via Soompi
A A A
JAKARTA - Film Korea yang menang Oscar mungkin masih bisa dihitung dengan jari. Meski demikian, hal itu tak menghilangkan kebanggaan para insan film di Korea Selatan dan Asia pada umumnya atas prestasi internasional tersebut.

Bagaimana tidak, memenangkan Piala Oscar adalah impian yang diidam-idamkan oleh banyak pekerja film dari seluruh dunia. Sebagai sebuah pencapaian bergengsi, Piala Oscar sudah sempat diraih oleh beberapa sineas dan pemeran asal Korea Selatan.



Meski hingga kini ajang Oscar sering dianggap terlalu Amerika-sentris, sejak 2020 acara ini sudah mulai memberikan berbagai penghargaan tertinggi mereka kepada film-film yang berasal dari komunitas Asia.

Di bawah ini terangkum dua judul film Korea Selatan pernah berhasil menangkan Piala Oscar.

1. Parasite



Film Korea yang berhasil menang Oscar pertama tentunya Parasite . Menjadi film berbahasa Korea pertama yang meraih penghargaan tertinggi, yakni Film Terbaik, di ajang Oscar, Parasite berkisah tentang satu keluarga miskin yang berusaha hidup enak dengan cara bekerja dan menjadi parasit di satu keluarga kaya. Sayang, strategi ini tak bisa berjalan lama karena ada sebuah misteri yang disimpan di rumah mewah yang mereka tinggali.



Selain memenangkan penghargaan Film Terbaik, Parasite juga berhasil membawa pulang piala Sutradara Terbaik, Naskah Asli Terbaik, Film Panjang Internasional Terbaik, serta menjadi nominee di kategori Penyuntingan Film Terbaik dan Desain Produksi Terbaik.

2. Minari



Film Korea yang berhasil menang Oscar selanjutnya adalah Minari. Meski diproduksi di Amerika Serikat, Minari digarap oleh sineas serta produser berdarah Korea Selatan dan memuat cerita tentang kisah imigran Korea Selatan di Amerika.

Dibintangi aktris senior Youn Yuh-Jung, ia berhasil memenangkan Piala Oscar di kategori Aktris Pendukung Terbaik dan mencetak sejarah sebagai aktris Korea Selatan pertama yang memenangkan Piala Oscar di bidang akting.

Selain piala yang diraih Yuh-Jung, Minari juga sempat dinominasikan dalam beberapa kategori di antaranya Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Naskah Asli Terbaik, dan Lagu Latar Asli Terbaik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)