Ini Manfaat Tidur Sambil Tengkurap, Bisa Mencegah Ngorok dan Lebih Nyenyak

Rabu, 16 Maret 2022 - 23:45 WIB
loading...
Ini Manfaat Tidur Sambil Tengkurap, Bisa Mencegah Ngorok dan Lebih Nyenyak
Manfaat tidur sambil tengkurap sangat banyak. Namun, banyak yang menganggap tidur tengkurap bukanlah posisi terbaik, masalah seperti sakit punggung dan leher. Foto/Prairie Spine & Pain Insititute
A A A
JAKARTA - Manfaat tidur sambil tengkurap sangat banyak. Namun, banyak yang menganggap bahwa tidur sambil tengkurap bukanlah posisi terbaik.

Pasalnya, tidur sambil tengkurap dapat menyebabkan masalah seperti sakit punggung dan leher. Meski itu tidak sepenuhnya salah dan 100 persen benar, tidur sambil tengkurap sebenarnya mempunyai beberapa manfaat.

Dilansir dari Nolah Mattress pada Rabu (16/3/2022), manfaat tidur sambil tengkurap di antaranya adalah mencegah mendengkur alias ngorok, mengurangi gejala sleep apnea, mengurangi refluks asam dan mulas, hingga bisa tidur lebih nyenyak.

Namun perlu diperhatikan pula, bahwa ada beberapa dampak buruk tidur sambil tengkurap. Di antaranya saja bisa menyebabkan ketegangan tulang belakang, mati rasa dan kaku di leher dan punggung, hingga kerutan di wajah.


Agar Anda dapat mendapatkan manfaat tidur sambil tengkurap atau menghindari masalah-masalah yang terjadi saat tidur sambil tengkurap, bisa mencoba sejumlah tips. Berikut ini tips tidur sambil tengkurap seperti dilansir Healthline.

1. Gunakan bantal tipis atau tanpa bantal sama sekali. Semakin rata bantal, semakin sedikit sudut kepala dan leher Anda untuk mencegah ketegangan di area itu.

2. Letakkan bantal di bawah panggul Anda. Ini akan membantu menjaga punggung Anda dalam posisi yang lebih netral dan mengurangi tekanan dari tulang belakang Anda.

3. Lakukan peregangan di pagi hari. Peregangan beberapa menit akan membantu tubuh Anda kembali sejajar dan dengan lembut memperkuat otot-otot pendukung. Pastikan untuk melakukan pemanasan dengan sedikit gerakan sebelum melakukan peregangan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)