Kolesterol Jeroan Ayam Ternyata Sebanyak Ini, Waspada!

Selasa, 22 Maret 2022 - 17:47 WIB
loading...
Kolesterol Jeroan Ayam Ternyata Sebanyak Ini, Waspada!
Kolesterol jeroan ayam ternyata sangat tinggi. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kolesterol jeroan ayam ternyata sangat tinggi. Dalam ampela ayam, misalnya, terkandung 240 mg kolesterol per 100 gram.

Mengatur kadar kolesterol agar selalu dalam taraf yang normal, tidak tinggi maupun rendah, bukan perkara sulit. Pola makan harian menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan.



Kolesterol tinggi bisa terjadi karena apa yang Anda makan tidak terkontrol dengan baik. Jika Anda sudah menghilangkan menu daging merah karena kandungan kolesterol yang tinggi dan beranjak ke ayam dan ikan, maka hal lanjutan yang perlu dilakukan adalah meminimalisir asupan jeroan ayam.

Ya, jeroan ayam diketahui memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Dijelaskan dalam laman Imedix, ampela ayam mengandung 240 mg kolesterol per 100 gram.

Lalu, laman Healthy Eating menjelaskan bahwa hati ayam memiliki 248 mg kolesterol per 100 gram. Kemudian, ginjal ayam diketahui mengandung 118 kolesterol per 100 gram.

Beberapa sumber menyatakan bahwa untuk menurunkan kadar kolesterol pada jeroan ayam, Anda bisa mengakalinya dengan cara mengolah jeroan tersebut. Ya, tinggalkan cara memasak dengan minyak goreng, lalu beralih ke bakar atau kukus.

Tapi, tentunya hal tersebut sangat jarang dilakukan di masyarakat. Membayangkannya saja mungkin membuat Anda mual, tapi cara seperti itu memang bisa dicoba. Pastikan juga untuk kontrol jumlah garam yang dipakai.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menambahkan kacang-kacangan ke piring Anda dibarengi dengan menu jeroan yang jumlahnya tidak boleh banyak. Panganan kaya akan serat lainnya juga boleh ditambahkan untuk membuat asupan makanan Anda lebih sehat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)