Kini, Siapapun Bisa Membuat Kopi yang Nikmat di Rumah Sendiri

Kamis, 24 Maret 2022 - 07:28 WIB
loading...
Kini, Siapapun Bisa Membuat Kopi yang Nikmat di Rumah Sendiri
Guna menghasilkan minuman kopi yang berkualitas, utamanya harus menggunakan bahan berkualitas. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kalangan pecinta kopi di media sosial belum lama ini begitu dihebohkan dengan adanya perdebatan mengenai munculnya istilah Baristan.

Memang sekilas mirip dengan kata Barista yang merupakan profesi yang ahli dalam meracik minuman kopi . Diketahui, Baristan merupakan akronim atau singkatan dari Barista Kopi Instan.

Sejumlah publik figur pun turut menanggapi hal tersebut. Beberapa di antaranya barista profesional Muhammad Ada, Chef Jerry Andrean, hingga selebgram sekaligus penikmat kopi Livy Renata.

Baca juga: Raffi Ahmad Ungkap Trik Flexing-nya hingga Jadi Kaya Raya

Muhammad Aga mengatakan bahwa istilah Baristan yang dia lihat di media sosial sempat menjadi pertanyaan dirinya yang kemudian malahan menjadi ramai pembahasan di media sosial. Awalnya dia merasa apa ada typo dalam penulisannya.

"Profesi Barista kan orang yang meracik kopi dan dia menguasai bukan hanya teknis tapi Barista bukan hanya sekedar jualan kopi tapi harus tapi jadi marketer showcase petani kopi sehingga harus buat narasi bagus untuk kopi Indonesia," ujar Muhammad Aga dalam jumpa pers virtual Solusi Ngopi Berkualitas di Rumah, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, untuk menghasilkan minuman kopi yang berkualitas, utamanya harus menggunakan bahan berkualitas. "Ini berlaku untuk barista profesional maupun orang awam," sambung Juara Indonesia Barista Championship 2018 ini.

Senada dengan Aga, Chef Jerry Andrean juga menyebut kopi sebagai salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia yang bisa dinikmati dalam berbagai cara dan kesempatan.

"Sama seperti kita memasak, membuat kopi yang dianggap enak tidak harus selalu dengan metode atau teknik yang rumit. Ada kalanya dengan cara sederhana kira pun bisa membuat sajian kopi yang enak misalnya dengan kopi Caffino Dark Cappucino," papar juara MasterChef Indonesia seasons 7 itu.

CEO PT Sumber Kopi Prima, Ihsan Mulia Putri mengatakan bahwa istilah dan konsep Baristan sendiri merupakan cara dari Caffino untuk memfasilitasi pecinta kopi agar tetap bisa menikmati segelas kopi berkualitas dengan membuatnya sendiri di rumah.

"Baristan atau Barista Kopi Instan sesungguhnya adalah semangat yang kami sebarkan untuk semua pecinta kopi di Indonesia bahwa siapa saja boleh dan pasti bisa membuat segelas minuman kopi instan yang enak sama seperti kopi di kafe dimana Caffino lewat varian baru Dark Cappucino bisa menjadi pilihan tepat," tutur Ihsan Mulia Putri.

Kenikmatan kopi Caffino juga diakui oleh sosok yang tenar di media sosial belakangan ini, Livy Renata. Dia bahkan mengaku hampir tak pernah mencicipi kopi instan sepanjang hidupnya karena terbiasa dengan sajian kopi di kafe atau restoran.

Baca juga: Mengharukan, Fuji Akhirnya Mampu Wujudkan Impian Vanessa Angel

"Terus terang Livy jarang banget minum kopi instan, Livy kalau minum kopi itu biasa di kafe dan sekarang baru tahu kalau ada kopi instan yang rasanya seenak ini dan begitu mudah membuatnya," tuturnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)