Ahli Gizi Jabarkan Cara Makan Siang Aman di Kantor

Kamis, 18 Juni 2020 - 08:07 WIB
loading...
Ahli Gizi Jabarkan Cara Makan Siang Aman di Kantor
Dengan menyiapkan makanan dari rumah, standar kebersihan makanan yang kita konsumsi bisa dijaga dan dikontrol. Foto Ilustrasi/Rootastes
A A A
JAKARTA - Jakarta saat ini sudah memasuki tahap transisi PSBB dengan memperbolehkan beberapa lokasi publik dibuka secara bertahap. Langkah ini diambil tentu dengan beragam peraturan baru yang cukup ketat dari pemerintah. Mulai pembatasan jumlah orang yang berkumpul di satu area hingga pemberlakuan sanksi jika kita tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Tidak hanya itu, lokasi perkantoran juga tak luput dari peraturan baru tersebut. Sedikit banyak peraturan ini memang bakal menimbulkan kekhawatiran pada para pekerja kantoran. Tetapi, kita masih bisa melindungi diri dengan menjaga imunitas selama masa New Normal ini.

“Hal sederhana tapi penting untuk diperhatikan oleh para pekerja kantoran sebenarnya adalah sarapan dan makan siang. Selain kita membutuhkan gizi yang diperlukan tubuh, aspek higienitas dan kebersihan sebaiknya juga tidak disepelekan,” kata Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT Gummy Multivitamin. ( )

Berkaitan dengan pentingnya nutrisi, Rachel membagikan beberapa hal mudah yang bisa diaplikasikan selama bekerja di kantor. Pertama, siapkan makan siang sendiri dari rumah.

"Dengan menyiapkan makanan dari rumah, standar kebersihan makanan yang kita konsumsi bisa dijaga dan dikontrol. Selain itu, kita bisa lebih leluasa membuat bekal dengan gizi yang tinggi," katanya.

Rachel menyarankan bekal ini mengikuti konsep isi piringku. Jadi 35% karbohidrat berserat tinggi (kentang, nasi merah, ubi, dan lain-lain), 35% sayuran hijau, 15% lauk berprotein tinggi (ikan, tahu, tempe, ayam dada), dan 15% buah-buahan. Perlu diingat juga untuk membawa peralatan makan dan minum sendiri dari rumah.

Jikapun ingin membeli makanan di luar, perlu ekstra hati-hati. Cek lebih dulu apakah yang menjual makanan memakai masker dan tidak menyentuh langsung makanan. Serta, cari tempat makan yang tidak ramai untuk mengurangi interaksi langsung dengan orang banyak.

Selain itu, penting untuk menerapkan 3J (jumlah, jenis, dan jadwal makan yang benar). Porsi serta jenis makanan sebaiknya mengikuti anjuran isi piringku. Sedangkan jadwal makan disarankan juga konsisten pada pagi (pukul 6-7), siang (12-13), dan malam (18-19). ( )

"Tiga aspek ini dapat memaksimalkan kerja sistem pencernaan dan metabolisme tubuh yang berdampak pada kekebalan tubuh," kata Rachel.

Sebelum berangkat ke kantor, Rachel menyarankan untuk sarapan yang tinggi vitamin dan mineral supaya imunitas tubuh terjaga saat memulai hari. Contohnya dengan makan buah-buahan seperti pisang, pepaya, alpukat, jambu, edamame, dan masih banyak lagi. Bisa juga mengonsumsi YOUVIT gummy multivitamin. Hal ini penting agar kita dapat lebih maksimal memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk menjaga daya tahan. Kandungannya juga seimbang dan lengkap dengan 10 vitamin dan 2 mineral.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)