Sajikan Manfaat dan Khasiat Teh Oolong bagi Kesehatan Tubuh

Jum'at, 01 April 2022 - 22:32 WIB
loading...
Sajikan Manfaat dan Khasiat Teh Oolong bagi Kesehatan Tubuh
Minuman teh telah menjadi bagian hidup dari keseharian masyarakat Indonesia. / Foto: Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Minuman teh telah menjadi bagian hidup dari keseharian masyarakat Indonesia. Dari teman makan hingga bersantai bersama kerabat dan sahabat. Salah satu teh yang banyak dinikmati sebagai minuman adalah teh oolong.

Berbeda dengan varian atau jenis teh lainnya, teh oolong diperoleh dengan memanen daun tanaman camellia sinensis dengan proses mengeringkan daun teh di bawah sinar matahari. Karena melalui proses oksidasi, dihasilkan warna yang cokelat lebih gelap.

Menurut pakar teh dan penulis buku, sekaligus pendiri Indonesia Tea Institute, Ratna Somantri, karena melalui tahapan proses fermentasi sebagian atau oksidasi, maka teh oolong memiliki rasa dan aroma yang dalam namun lembut.

Baca juga: Pernah Ditolak Label, Saykoji Jadi Rapper Ternama di Indonesia

"Dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan kafein yang rendah, teh oolong memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh, serta membantu meningkatkan konsentrasi," ucap Ratna Soemantri saat dijumpai di sela-sela launching Mytea+ No Sugar di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Kendati demikian, mengonsumsi teh dengan gula berlebih juga mengakibatkan bahaya obesitas. Obesitas pun berpotensi memicu diabetes, yang dialami lebih dari 33,5% orang dewasa usia 18 tahun ke atas.

Selain karena kurangnya aktivitas fisik, pola makan dan minum yang tinggi gula menjadi pemicu utama obesitas dan diabetes.

"Gula merupakan salah satu sumber energi yang diperlukan tubuh. Gula diperoleh dari makanan yang kita konsumsi seperti nasi, mi, daging, buah, serta dari tambahan gula pada minuman," ungkap praktisi kesehatan dr. Farhan Zubedi.

"Asupan gula yang berlebih memiliki efek negatif seperti peningkatan risiko obesitas, diabetes, infeksi gigi, hingga komplikasi jangka panjang seperti kerusakan ginjal dan gangguan pada mata. Karena itu, setiap hari kita harus berupaya menjaga keseimbangan asupan gula yang masuk ke tubuh," lanjutnya.

Dokterr Farhan Zubedi pun mengungkapkan salah satunya caranya dengan rajin berolahraga dan memilih minum minuman yang tanpa pemanis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3429 seconds (0.1#10.140)