Begini Cara Mudah Turunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan

Sabtu, 02 April 2022 - 07:06 WIB
loading...
Begini Cara Mudah Turunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan
Bukan sekadar ibadah, berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat membantu menurunkan berat badan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Dalam bulan yang ditunggu-tunggu ini umat Islam berlomba-lomba mendapatkan pahala yang berlipat melalui ibadah yang dijalani, salah satunya berpuasa.

Sebagaimana diketahui, puasa merupakan ibadah untuk menahan hawa nafsu, termasuk nafsu makan dan minum. Oleh karenanya orang yang berpuasa tidak diperbolehkan makan dan minum selama waktu imsak hingga berbuka puasa.

Bukan sekadar ibadah, berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya dapat membantu menurunkan berat badan. Namun dengan syarat atau tata cara tertentu.

Baca juga: Viral Momen Bertemunya Ibu dan Anak Usai Terpisah 16 Tahun, Begini Kisahnya

Lantas, bagaimanakah cara menurunkan berat badan melalui puasa Ramadhan? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dirangkum dari Health Canal, Jumat, 1 April 2022.

1. Tetap Terhidrasi

Studi menunjukkan air minum dapat meningkatkan penurunan berat badan terlepas dari diet dan aktivitas. Jadi meskipun di bulan puasa, tetaplah terhidrasi dengan minum air putih yang cukup selama sahur dan berbuka.

Setidaknya, minumlah delapan gelas air per hari untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan lebih banyak air.

2. Makan Sahur yang Sehat

Makan sahur harus dalam porsi besar dan mengenyangkan, namun tetap sehat untuk menyediakan energi yang cukup sepanjang hari. Jadi, konsumsilah makanan seimbang dengan karbohidrat kompleks dan protein.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)