Asal Usul Kata Ngabuburit dan Artinya Menurut KBBI

Minggu, 03 April 2022 - 01:05 WIB
loading...
Asal Usul Kata Ngabuburit dan Artinya Menurut KBBI
Ngabuburit merupakan kegiatan yang sering dilakukan selama bulan Ramadhan. Saat ngabuburit, masyarakat menunggu waktu buka puasa dengan berjalan-jalan. Foto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Ngabuburit merupakan kegiatan yang sering dilakukan selama bulan Ramadhan . Saat ngabuburit, masyarakat menunggu waktu buka puasa dengan berjalan-jalan, berburu takjil atau kegiatan lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/4/2022), ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang berarti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.


Kamus Sunda-Indonesia terbitan Kemendikbud pada 1985 mencatat kata burit yang bermakna senja. Sedangkan kata ngabuburit sebagai jalan-jalan menunggu waktu sore biasanya pada bulan puasa.

Kata dari bahasa daerah itu kemudian diserap menjadi bahasa Indonesia. Kata ini pun tercantum di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).


KBBI mencatat kata burit sebagai kata dasar yang bermakna sore. Kemudian turunannya yaitu mengabuburit sebagai menunggu adzan Maghrib menjelang buka puasa pada waktu bulan Ramadhan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)