Puasa Ramadhan Bisa Bikin Panjang Umur hingga Turunkan Kolesterol, Begini Penjelasannya

Selasa, 05 April 2022 - 09:07 WIB
loading...
Puasa Ramadhan Bisa Bikin Panjang Umur hingga Turunkan Kolesterol, Begini Penjelasannya
Puasa Ramadhan memberikan banyak manfaat kesehatan, dari detoks tubuh, menurunkan kolesterol hingga panjang umur. Ini karena tubuh mencari sel mati. Foto/Grand View Health
A A A
JAKARTA - Puasa Ramadhan memberikan banyak manfaat kesehatan, dari detoks tubuh, menurunkan kolesterol hingga panjang umur . Ini karena tidak makanan dan minuman dalam waktu tertentu membuat tubuh secara otomatis mencari sel mati.

Proses pencarian sel mati tersebut yang kemudian diartikan secara sederhana sebagai proses detoks. Proses pembuangan sel mati, termasuk timbunan lemak, tumor, abses, itu diharapkan mengembalikan fungsi sistem kekebalan dan proses metabolisme ke keadaan optimal.

"Puasa mengembalikan sistem pencernaan kembali lebih baik. Puasa juga memungkinkan organ pencernaan beristirahat dan efeknya penyembuhan dan perbaikan sel-sel lainnya," terang laporan Steiner Health dikutip Selasa (5/4/2022).

Puasa juga sebagai bagian dari proses pembersihan menyeluruh tubuh, khususnya organ bagian dalam. Dengan puasa, darah, usus, hingga sel-sel tubuh akan menjadi lebih baik dan ini berimbas pada upaya mengatasi banyak penyakit.


"Puasa bukan hanya menghilangkan racun, tapi juga membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Puasa juga meremajakan dan memperpanjang hidup. Manfaat tersebut yang membuat fisik dan mental Anda jadi lebih sehat," tambah laporan tersebut.

Lebih lanjut, sebuah studi terkait puasa dengan upaya detoksifikasi dilakukan. Penelitian itu menunjukkan bahwa puasa dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang penting.

"Puasa dapat membantu menurunkan berat badan, dapat menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan trigliserida. Puasa juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi peradangan kronis yang sering kali merupakan gejala toksisitas berlebih dalam tubuh," papar laman Sparn Detox.

"Puasa juga terbukti membantu meremajakan tubuh dan mengoptimalkan regenerasi sel dan perbaikan sel. Puasa pun diketahui meningkatkan enzim spesifik yang terlibat dalam proses detoksifikasi, khususnya detoks hati," tambah laporan itu.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2887 seconds (0.1#10.140)