Mengapa Orang yang Berpuasa Mengalami Masalah Bau Mulut? Ini Penjelasannya

Rabu, 06 April 2022 - 12:02 WIB
loading...
Mengapa Orang yang Berpuasa Mengalami Masalah Bau Mulut? Ini Penjelasannya
Aroma mulut yang tidak sedap atau bau mulut lumrah dialami orang yang sedang berpuasa. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Aroma mulut yang tidak sedap atau bau mulut lumrah dialami orang yang sedang berpuasa. Sebenarnya hal itu bisa dicegah dengan memastikan kebersihan gigi dan mulut.

Lantas, kenapa orang berpuasa mengalami masalah bau mulut? Kondisi itu bisakah dijelaskan secara medis?

Praktisi kesehatan Universitas Indonesia, dr. Ari Fahrial Syam memaparkan bahwa bau mulut saat puasa bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun, yang paling umum adalah karena puasa itu sendiri.

Baca juga: Cegah Bau Mulut saat Puasa dengan 8 Cara Berikut Ini

"Secara normal, apabila mulut kita kering karena air liur yang kurang atau akibat kita kurang melakukan aktivitas berkunyah, itu akan menyebabkan bau mulut tidak segar," ungkapknya kepada MNC Portal, Rabu (6/4/2022).

Ketika berpuasa, mulut tidak bekerja seperti biasanya. Tidak ada makanan yang dikunyah dalam rentang waktu yang cukup panjang, sehingga produksi air liur pun berkurang.

Tidak terhidrasinya tubuh dalam waktu yang cukup panjang pun menjadi alasan lain mengapa saat puasa seseorang bau mulut.

"Saat seseorang berpuasa selama 14 jam, tidak ada makanan yang dikunyah dan tidak ada air atau cairan yang diminum," ujar dr. Ari.

Lebih jauh, dr. Ari menuturkan bahwa sebenarnya bau mulut yang ditimbulkan selama berpuasa bukan merupakan bau mulut tak sedap atau halitosis yang terjadi akibat kelainan suatu organ.

Bau mulut akibat kelainan suatu organ dapat terjadi akibat kelainan pada rongga mulut, dari Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), dari saluran pernapasan, atau saluran pencernaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4336 seconds (0.1#10.140)