Cegah Bau Mulut saat Puasa dengan 8 Cara Berikut Ini

Rabu, 06 April 2022 - 09:53 WIB
loading...
Cegah Bau Mulut saat Puasa dengan 8 Cara Berikut Ini
Efek langsung yang terjadi saat seseorang berpuasa adalah punya aroma mulut yang tidak sedap alias bau mulut. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Orang yang berpuasa biasanya mengalami masalah aroma mulut yang tidak sedap atau bau mulut . Namun, kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan tanpa membatalkan puasa.

Praktisi Kesehatan Universitas Indonesia Dokter, Ari Fahrial Syam mengungkapkan, bau mulut bisa diminimalkan selama berpuasa. Upaya yang bisa dilakukan adalah memastikan makanan yang dikonsumsi tidak sembarang hingga menjaga kebersihan mulut dengan baik dan benar.

"Bau mulut bisa diminimalisir dengan memperhatikan kebersihan mulut dan mengonsumsi makanan, minuman, dan buah-buahan yang baik untuk kebersihan mulut," ungkapnya pada MNC Portal, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Bagaimana Hukumnya Melakukan Vaksinasi saat Berpuasa? Ini Jawabannya

Dokter Ari pun membagikan 8 tips mencegah bau mulut saat puasa tanpa membatalkan puasa.

1. Pastikan bersihkan mulut dengan baik dan benar

Disarankan kepada semua orang yang berpuasa untuk memelihara kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan usai berbuka puasa. "Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah sahur, ya," kata dia.

2. Bersihkan sela gigi dengan dental floss

Gosok gigi dan sikat lidah saja tidak cukup. Dokter Ari menyarankan juga untuk menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Ini diperlukan untuk memaksimalkan pembersihan gigi.

3. Pastikan konsumsi air putih tercukupi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)