Sederet Manfaat Daun Salam bagi Tubuh, Cegah Kulit Keriput hingga Turunkan Gula Darah

Minggu, 10 April 2022 - 16:34 WIB
loading...
Sederet Manfaat Daun Salam bagi Tubuh, Cegah Kulit Keriput hingga Turunkan Gula Darah
Banyak sekali manfaat daun salam untuk tubuh kita. Mulai dari mencegah keriput pada kulit wajah hingga menurunkan kadar gula darah akibat diabetes. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Daun salam sering dihubungkan dengan makanan-makanan lezat. Hal itu dikarenakan daun salam memiliki peran yang besar dalam beberapa masakan.

Akan tetapi, manfaat daun salam tidak hanya sebatas untuk masakan. Banyak sekali manfaat daun salam untuk tubuh kita. Mulai dari mencegah keriput pada kulit wajah hingga menurunkan kadar gula darah akibat diabetes.

Lantas, apa manfaat daun salam yang lain? Berikut ulasannya, dilansir dari laman Stylecraze, Minggu (10/4/20222):



1. Turunkan Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu penderita diabetes tipe 2. Selain memberikan rasa pada makanan, daun salam juga ditemukan berperan dalam metabolisme glukosa.

Daun salam juga menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) pada pasien diabetes tipe 2. Daun salam dapat mengurangi nafsu makan, sehingga mengurangi berat badan.

2. Melawan Peradangan

Dalam sebuah penelitian di Australia, daun salam, di antara beberapa daun lainnya, ditemukan menghambat aktivitas enzim COX-21. COX-21 diketahui memicu peradangan.

Daun salam mengandung seskuiterpen lakton, yang dikenal dapat melawan peradangan dengan menghambat produksi oksida nitrat. Studi menunjukkan bahwa oksida nitrat, dalam konsentrasi yang lebih tinggi, dapat menyebabkan peradangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)