Rekomendasi Alat untuk Membantu Penderita Diabetes Tetap Berpuasa di Bulan Ramadhan

Selasa, 12 April 2022 - 16:36 WIB
loading...
Rekomendasi Alat untuk Membantu Penderita Diabetes Tetap Berpuasa di Bulan Ramadhan
Melalui sistem pembuangan air tajin, terbukti melalui uji bahwa kadar karbohidrat bisa berkurang hingga 50 persen. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ibadah puasa wajib dijalankan umat muslim selama Ramadhan. Hal ini berbeda perlakuan bagi penderita diabetes. Para ahli kesehatan mengatakan, berpuasa selama Ramadhan bagi penderita diabetes harus dilakukan di bawah pengawasan ahli medis.

"Berpuasa selama Ramadan mensyaratkan seseorang makan dua kali sehari dengan senjang waktu yang panjang antara kedua waktu itu. Memodifikasi pola konsumsi menyebabkan metabolisme tubuh berubah dan penderita diabetes harus menyesuaikan rencana pengobatan mereka berdasarkan hal itu," ujar dr. Shehla Shaikh dari Pusat Endokrinologi dan Diabetes KGN Mumbai, seperti dilansir oleh Okezone, Jumat, 8/04/2022.

Menurut dr. Shehla, penderita diabetes harus menjauh atas konsumsi makanan olahan dan berlemak tinggi saat berbuka puasa.

Baca juga: Tak Perlu Panik, Ahli Kesehatan India Sebut Covid-19 Varian XE Tidak Berbahaya

Kemudian, menurut dr. K.D. Modi, ahli endokrinologi dari Rumas Sakit Medwin di Hyderabad mengatakan, jika ada tanda hipoglikemia atau kekurangan glukosa dalam aliran darah, maka penderita diabetes harus menghentikan puasanya.

Untuk menghindari komplikasi selama puasa, dr. K.D. Modi menyarankan penderita diabetes melakukan diet karbohidrat dan berhenti berpuasa begitu ada tanda-tanda hipoglikemia muncul.

Tanda-tanda ini di antaranya, pusing, berkeringat dingin, gelisah, sulit bicara hingga tak sadarkan diri.

"Penderita diabetes disarankan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat yang tinggi kalori," ucap Dr. K.D. Modi.

Menanggapi hal ini, Head of Merchandiser eMSHOP, Khilqa Putri menyarankan bagi penderita diabetes agar tak perlu khawatir mengonsumsi karbohidrat, apalagi karbohidrat yang terkandung pada nasi. Kandungan gula pada nasi memang lebih tinggi dibanding yang terkandung pada jenis karbohiudrat seperti kentang, ubi, dan gandum.

Ada cara mudah untuk mengurangi kadar gula pada nasi sehingga aman bagi penderita diabetes yaitu, memasak nasi menggunakan Lock N Lock Low Carbo Rice Cooker.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)