4 Artis Indonesia Ini Pernah Kena Autoimun, Nomor 3 Bikin Kaget!

Rabu, 13 April 2022 - 10:24 WIB
loading...
4 Artis Indonesia Ini Pernah Kena Autoimun, Nomor 3 Bikin Kaget!
Beberapa artis Indonesia ternyata pernah kena autoimun, lalu siapa saja mereka dan bagaimana kondisinya sekarang. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Beberapa artis Indonesia pernah kena autoimun. Seperti diketahui penyakit autoimun adalah kondisi sistem kekebalan tubuh salah serang. Artinya, kekebalan tubuh yang seharusnya menjaga tubuh dari serangan 'sesuatu' yang jahat, malah menyerang sel sehat.

Penyakit autoimun banyak sekali jenisnya, namun yang cukup populer di tengah masyarakat adalah lupus. Beberapa artis Indonesia bahkan diketahui memiliki jenis autoimun yang beragam.

Siapa saja artis Indonesia yang pernah kena autoimun dan bagaimana kondisinya saat ini? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari berbagai sumber, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: DJ Una Sempat Kaget Namanya Ikut Terseret dalam Kasus DNA Pro

1. Ashanty

4 Artis Indonesia Ini Pernah Kena Autoimun, Nomor 3 Bikin Kaget!


Artis Indonesia yang pernah kena autoimun pertama dalam daftar adalah Ashanty. Istri Anang Hermansyah ini cukup terbuka ke publik soal penyakit autoimun yang diderita. Dia kerap bercerita soal penyakitnya tersebut di media sosial.

Ashanty bahkan sempat pergi ke Turki untuk menangani penyakit autoimunnya tersebut. Gegara penyakit itu, Ashanty pernah terlihat sangat layu dan kurus.

2. Cici Panda

4 Artis Indonesia Ini Pernah Kena Autoimun, Nomor 3 Bikin Kaget!


Artis Indonesia yang pernah kena autoimun selanjutnya, Cici Panda. Melalui unggahan Instagram, Cici Panda pernah menyampaikan bahwa dirinya kena autoimun jenis vaskulitis atau peradangan saraf di bawah kulit. Penyakit itu terdiagnosa pada 2015.

Hidup dengan autoimun, Cici Panda diketahui amat menjaga asupan makanan dan minuman hariannya. Tak hanya itu, dia pun mulai aktif berolahraga dan menjaga pikirannya untuk tetap positif.

3. Enzy Storia

4 Artis Indonesia Ini Pernah Kena Autoimun, Nomor 3 Bikin Kaget!


Artis Indonesia yang pernah kena autoimun ketiga terdapat nama Enzy Storia. Dia pernah mengidap autoimun sejak 2009. Jenis autoimun yang diidap Enzy adalah Rheumatoid Arthritis (RA) yang sempat dikiranya asam urat.

Gejala yang dialami Enzy sakit dan ngilu di jari-jari kakinya. Gejala tersebut yang membuat Enzy awalnya menyangka asam urat, tapi saat dilakukan pemeriksaan mendalam di rumah sakit, diagnosa autoimun RA yang keluar. Enzy diketahui telah sembuh dari penyakit tersebut.

4. Raditya Dika

4 Artis Indonesia Ini Pernah Kena Autoimun, Nomor 3 Bikin Kaget!


Artis Indonesia yang pernah kena autoimun terakhir dalam daftar ini ada komedian tunggal Raditya Dika. Dia mengungkap kabar pernah terkena autoimun di video YouTube Ussy Andhika Official.

Baca juga: Hans Vigoro Balik Laporkan ke Polisi, Begini Respons Angie Lie

Dalam penuturan Raditya Dika, gejala autoimun yang diidapnya adalah kulit kering, timbul ruam saat stres, dan pegal di bagian sendi. Dika ternyata sudah lama terdiagnosa penyakit autoimun ini dan mengharuskan dia bolak-balik Singapura untuk penanganan penyakitnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)