5 Bahaya Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan, Nomor 3 Penyakit Kronis Pencernaan

Kamis, 14 April 2022 - 13:05 WIB
loading...
A A A
3. GERD

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidur setelah makan ataupun usai sahur bisa menyebabkan asam lambung di perut naik ke kerongkongan karena klep pemisah antara lambung dan tenggorokan menjadi terbuka.

Apabila kondisi itu terjadi terus-menerus, klep tersebut bisa jadi tak bisa menutup sempurna sehingga menyebabkan Anda sering mengalami kenaikan asam lambung kronis hingga dua kali seminggu. Itulah yang disebut dengan gastroesophageal reflux disease atau GERD.

4. Sembelit

Saat makanan masuk ke tubuh, organ pencernaan kita butuh waktu minimal 2-3 jam untuk optimal mencerna nya hingga menjadi feses.

Jika Anda tidur sesaat setelah sahur, proses itu akan melambat dan menyebabkan usus menyerap banyak cairan dari sisa-sisa makanan yang telah dicerna itu, sehingga feses jadi kering dan padat.

Hal itulah yang menyebabkan sembelit atau susah buang air besar, dimana saat puasa tubuh juga akan kekurangan cairan karena seharian penuh tidak makan dan minum.

5. Kualitas Tidur Menurun

Saat kenyang, kita mungkin sering merasa ngantuk. Namun tidur sesaat setelah makan dan atau bersantap sahur justru akan membuat penurunan kualitas.

Hal ini karena makanan terutama yang tinggi lemak seperti gorengan atau olahan daging butuh waktu lebih lama untuk dicerna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)