6 Penyebab Bayi Kembar Lahir Bisa Tidak Selamat, Seperti yang Dialami Putra Cristiano Ronaldo

Selasa, 19 April 2022 - 10:35 WIB
loading...
A A A
1. Lahir Prematur

Bayi kembar yang lahir prematur, kurang dari 36 minggu kehamilan, berisiko lahir tidak selamat. Sekali pun lahir selamat, risiko lain yang mengintai adalah bayi memiliki cacat.

2. Berat Badan Lahir Rendah

Bayi kembar kebanyakan lahir dalam kondisi berat badan lahir rendah (BBLR). Jika ini terjadi, bayi kembar tersebut memiliki beberapa risiko seperti masalah penglihatan atau gangguan pendengaran, cacat mental, atau serebral palsi.

3. Twin-twin Transfusion Syndrome (TTTS)

Kondisi ini memengaruhi sekitar 10% bayi kembar identik yang berbagi plasenta. TTTS memungkinkan salah satu bayi mendapatkan suplai darah yang sedikit, sedangkan bayi lainnya terlalu banyak. Jadi tidak imbang.

4. Preeklamsia

Ibu yang mengandung bayi kembar berisiko tinggi alami preeklamsia. Preeklamsia yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan, sakit kepala, atau penglihatan terganggu berisiko membuat bayi tidak dalam kondisi sehat bahkan lahir tidak selamat.

5. Diabetes Gestasional

Ibu hamil bayi kembar yang mengalami diabetes gestasional juga berisiko lahirkan bayi tidak selamat. Hal ini karena bayi yang dikandung tumbuh terlalu besar dan itu menyebabkan komplikasi pada bayi, seperti masalah pernapasan hingga gula darah rendah saat lahir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2165 seconds (0.1#10.140)