Program Camelia Beri Dampak Positif bagi Perkembangan UMKM

Selasa, 19 April 2022 - 13:58 WIB
loading...
Program Camelia Beri Dampak Positif bagi Perkembangan UMKM
Program Camelia telah mendukung 321 perempuan pengusaha kecil di Malang Raya melalui pelatihan dan pendampingan. / Foto: ist
A A A
MALANG - Salah satu organisasi lokal Mercy Corps Indonesia (MCI) mencoba membantu masyarakat untuk pulih dari kondisi krisis dan memberikan kesempatan untuk mengubah dan meningkatkan kualitas hidup.

MCI lewat program Camelia (Covid-19 Recovery for Women-Led Small Businesses in Greater Malang) dan didukung VISA Foundation sejak April 2021-April 2022 telah mendukung 321 perempuan pengusaha kecil di Malang Raya melalui pelatihan dan pendampingan dengan metode offline dan online atau hybrid.

MCI juga menjalin kerja sama dengan Dinas terkait, mitra swasta dan komunitas lokal di Malang Raya untuk menyukseskan program ini. Target dari program ini diharapkan para perempuan pengusaha dapat meningkatkan akses usahanya ke layanan keuangan seperti tabungan, pinjaman dan layanan pembayaran digital yang bertujuan untuk memperkuat bisnis mereka, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan membangun serta memperkukuh masa depan usaha setelah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan.

Baca juga: Tempat Bukber di Jakarta Selatan dengan Konsep dan Nuansa Berbeda, Ini 5 Rekomendasinya

MCI pada 18 April 2022, menggelar kegiatan Learning Event & Closing Program bersama seluruh peserta Program UMKM di Kabupaten Malang sebagai penutup rangkaian kegiatan Program Camelia yang akan berakhir April 2022.

"Kegiatan Program Camelia ini 99 % sangat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Kabupaten Malang terutama untuk pembangunan SDM UMKM, dikarenakan kendala yang banyak dialami oleh para pelaku UMKM saat ini adalah pengelolaan keuangan usahanya yang belum benar antara pemisahan keuangan usaha dengan keuangan pribadi," tutur perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Ida Zuliana

Ida Zuliana pun berharap ke depannya akan ada Program Pembinaan UMKM seperti ini yang berkelanjutan dengan memberikan lebih banyak pelatihan dan pendampingan, khususnya UMKM yang berada di Kabupaten Malang. Ini agar UMKM yang mendapatkan pelatihan dan pembinaan dapat merata.

Dampak positif lainnya dengan adanya Program Camelia ini juga telah mampu meningkatkan akses usaha perempuan pengusaha kecil ke layanan keuangan dengan capaian sebanyak 266 peserta membuka rekening baru di bank dan dompet digital DANA Indonesia, 48 peserta mengakses pinjaman usaha dan 257 peserta mengaplikasikan pembayaran digital setelah mendapat intervensi dari program.

Baca juga: 5 Kota Penghasil Batik Terbesar di Indonesia

"Dengan peningkatan kapasitas keterampilan usaha dan keuangan, akses ke layanan keuangan, serta optimalisasi platform digital, peserta akan mampu mengembangkan usahanya. Hal ini terbukti dengan capaian 71.9% peserta mengalami peningkatan omzet usaha dan rata-rata omset usaha peserta meningkat sebesar 58.4% dari pendapatan sebelum mengikuti Program Camelia," bebernya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1452 seconds (10.177#12.26)