Tips Hindari Dehidrasi saat Perjalanan Mudik

Senin, 25 April 2022 - 19:24 WIB
loading...
Tips Hindari Dehidrasi saat Perjalanan Mudik
Produk Royal Black Seed Oil Habbatusauda dapat ditemukan di www.emshop.id, aplikasi eMSHOP di Play Store, atau di Aladin Mall. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Usai diberlakukan keputusan mengenai libur cuti bersama, pemerintah memperbolehkan mudik lebaran 2022 dengan syarat dan ketentuan sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan 1 kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Ini yang menjadi perhatian jadi kita tidak sama sekali junawa, kendati lebih dari 60 persen populasi masyarakat sekarang sudah divaksin lengkap, tetapi risiko penularan masih terjadi," kata Ketua Bidang Komunikasi Satgas Covid-19 Hery Triyanto ketika didapuk sebagai pembicara dalam webinar Partai Perindo bertajuk "Mudik Aman Menuju Endemik Covid-19", Okezone, Jumat (22/4/2022).

Perjalanan mudik yang lumayan memakan waktu lama dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, sehingga tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.



Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu, seperti pusing, mata cekung, mudah lelah, lemas, hingga penurunan kesadaran. Jika Anda sebagai pengemudi saat perjalanan mudik dan tidak ingin terganggu akibat dehidrasi, Head of Merchandiser eMSHOP, Khilqa Putri memberikan tips agar tak dehidrasi:

1. Bawa bekal sayuran dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi
Sayuran dengan kandungan air tinggi dapat ditemukan pada timun, seledri, tomat, lobak, kol, bayam, brokoli, dan bayam. Sayuran tersebut mengandung asupan cairan yang membuat Anda terhindar dari gangguan pencernaan saat mengemudi di perjalanan mudik.

Sedangkan buah-buahan yang banyak mengandung asupan air dan potasium adalah apel, jeruk, pir, atau buah beri. Kandungan potasium mampu mempertahankan keseimbangan cairan tubuh lebih lama. Untuk itu, buah-buahan ini bisa Anda jadikan sebagai camilan sepanjang perjalanan mudik.

2. Hindari kafein, cukupi kebutuhan air putih
Hindari kafein saat mengemudi selama mudik, sebab kafein bersifat diuretik atau menarik cairan tubuh.

Oleh sebab itu, awali perjalanan mudik dengan minum segelas air, kemudian lanjutkan meminum air putih sebanyak 7-8 gelas atau sebanyak 2 liter selama sehari. Cobalah menyiapkan persediaan air putih selama perjalanan mudik.

"Sayur-sayuran dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi dapat menambah asupan cairan pada tubuh. Selain itu saat mengemudi di perjalanan mudik, kebutuhan air putih untuk tubuh harus terpenuhi sebanyak 2 liter sehari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi," ucap Khilqa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)