Jaga Kolesterol saat Lebaran, Terapkan 4 Langkah Ini

Selasa, 26 April 2022 - 23:06 WIB
loading...
Jaga Kolesterol saat Lebaran, Terapkan 4 Langkah Ini
Menjaga kolesterol saat Lebaran penting untuk dilakukan. Pasalnya, Lebaran identik dengan makanan santan dan lemak yang bisa menjadi penyebab kolesterol. Foto/Diabetes UK
A A A
JAKARTA - Menjaga kolesterol saat Lebaran penting untuk dilakukan. Pasalnya, Lebaran identik dengan makanan santan dan lemak yang bisa menjadi penyebab kadar kolesterol dalam darah melonjak.

Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan makan yang berlebihan saat Lebaran. Beberapa di antaranya bahkan menjadikan momen ini sebagai ajang balas dendam setelah sebulan menjalankan puasa.

Padahal, kolesterol bisa menjadi salah satu faktor risiko dari penyakit mematikan seperti stroke hingga serangan jantung. Karena itu, penting untuk menjaga kolesterol Anda tetap normal saat Lebaran.

Berikut tips menjaga kolesterol saat Lebaran seperti dilansir dari CDC, Selasa (26/4/2022).


1. Minum Obat Sesuai Petunjuk

Jika Anda minum obat untuk mengobati kolesterol, penyakit jantung, stroke, atau diabetes, ikuti petunjuk dokter dengan cermat. Selalu bertanya jika Anda tidak mengerti sesuatu.

Jangan pernah berhenti minum obat tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter, perawat, atau apoteker Anda.

2. Periksa Kolesterol Secara Rutin

Anda perlu memeriksakan kadar kolesterol setidaknya sekali setiap 4 hingga 6 tahun jika tidak memiliki penyakit jantung. Namun, beberapa orang perlu memeriksakan kolesterolnya lebih sering atau lebih jarang.


3. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan kolesterol, dengan ativitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Sebaiknya lakukan olahraga setidaknya selama 30 menit, lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit, tiga kali seminggu.

4. Pilih Makanan Rendah Lemak

Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menjaga kadar kolesterol jahat dengan melakukan perubahan gaya hidup yang sehat. Seperti memilih makanan rendah lemak jenuh dan lemak trans serta mempertahankan berat badan yang sehat.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0866 seconds (0.1#10.140)